Penataan Kuliner Sultan Agung di Kota Bandung Diharapkan Dongkrak Perekonomian

Editor Penataan Kuliner Sultan Agung diharapkan bisa mendongkrak perekonomian bahkan menaikkan kelas./via humasbandung.go.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Area kuliner Sultan Agung selesai ditata dengan baik. Harapan yang tinggi tidak hanya bisa menghidupkan kembali ekonomi pasca kampanye Covid-19, namun PKL bisa naik kelas dengan skala perdagangan yang lebih besar.

Ketua Satgas Jalan Jalan Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, dalam upaya pemulihan ekonomi pasca-kampanye Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya merangsang kreativitas dan inovasi UKM.

Dengan begitu penataan kawasan kuliner Sultan Agung ini diharapkan menjadi semangat baru bagi para pedagang.

“Semoga para pedagang dan pembeli merasa aman dan nyaman, serta insyaallah lebih sehat sehingga ekonomi tumbuh. Alhamdulillah teman-teman PKL ini bisa naik kelas memiliki warung atau lainnya yang lebih besar,” ujar Yana saat meresmikan penataan kuliner Sultan Agung, Senin 15 November 2021, dilansir VISI.NEWS dari laman humasbandung.go.id.

Penataan di Sultan Agung merupakan hasil kerja sama Pemkot Bandung melalui Satgasus PKL dengan Lions Club Bandung Ceria. Selain membuat area penjualan lebih rapi dan aman, juga dihadirkan tujuh set meja dan kursi untuk menunjang kenyamanan pembeli.

Yana berharap para pedagang tetap memperhatikan peraturan Pemerintah Kota Bandung. Penataan ini merupakan upaya untuk tetap memfasilitasi masyarakat, namun tetap harus mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Karena bagaimanapun PKL ini menempati trotoar yang merupakan hak pejalan kaki. Dan di sini kita lihat pejalan kaki masih dihargai masih ada tempat dan pedagang bisa berkesempatan untuk berjualan,” ujarnya.

Terkait landasan aturan ini, Kepala Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Kota Bandung, Atet Dedi Handiman mengatakan, pengaturan pedagang kaki lima tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi. dan Perkembangan Pedagang Street Fighter.

Baca Juga :  Membahayakan Pengendara, Jalan Raya Laswi Ciparay Banyak yang Rusak dan Berlubang

Untuk kawasan kuliner Sultan Agung masuk dalam kategori zona kuning. Jadi, 20 trader ini tetap bisa trading namun tetap dengan ketentuan yang berlaku.

“Misalnya trotoar kanan pejalan kaki diprioritaskan, kebersihan dan macam-macam, waktu penjualannya dari pukul 08.00-21.00 WIB. Tapi sudah selesai juga dari sore hari. Petunjuknya jelas juga diatur lebih detail di Perwal 32 Tahun 2019 , ” kata Atet .

Selain kartu kepesertaan, lanjut Atet, para pedagang kuliner Sultan Agung juga mendapat program dari BPJS Ketenagakerjaan. Program ini untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pedagang, termasuk mengakomodir pembuatan Nomor Induk Bisnis (NIB).

“Diberikan secara gratis dan tidak membayar premi selama tiga bulan. Selanjutnya pedagang dapat membayar secara mandiri. Di Bandung, program kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan ini untuk 1.000 pedagang. Salah satunya di Sultan Agung,” tambahnya.

“Program penataan ini juga kita ingin memberikan awareness kepada PKL untuk berjualan sesuai regulasi. Kalau memang zona merah ya jangan. Tapi kalau mau diatur, ya kita upayakan,” imbuhnya.

Sedangkan Presiden Lions Club Bandung Ceria, Rukita Surjaudaja mengatakan, bantuan penataan ini sejalan dengan salah satu program internasional orgasniasinya, yakni berkenaan dengan lingkungan. Sehingga, di samping mempercantik tempat berjualan, juga turut menata taman di sekitar area kuliner.

“Kami harap donasi kami dapat bermanfaat bagi masyarakat. Ikut memperindah Kota Bandung dan dapat menjadikan Sultan Agung sebagai pusat kuliner yang nyaman dan tertib,” kata Rukita. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Inggris Melenggang Manis ke Qatar Usai Gulung San Marino 10-0

Sel Nov 16 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SAN MARINO – Inggris menutup putaran kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan gaya. The Three Lions pesta gol saat bertandang ke San Marino dengan menang 10-0, wow! Yang lebih hebat lagi adalah striker Harry Kane. Sempat dikritik karena mejan, ia membuktikan diri sebagai striker berkelas, setelah sebelumnya hattrick, […]