Pendaftaran Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Reynaldi : Warga Jabar Diimbau Untuk Ikut Daftar

Editor Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat (Jabar) Reynaldi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS |BANDUNG – Pemerintah pusat kembali menggulirkan program kartu prakerja, di gelombang ke-24 ini, pemerintah membuka pendaftaran bagi 300 ribu peserta per hari Kamis tanggal 17 Maret 2022.

Menurut informasi yang dikutif dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat (Jabar) Reynaldi mengatakan, peserta dapat mendaftarkan diri melalui website resmi Kartu Prakerja di prakerja.go.id.

“Tepat dipukul 10.30 wib Kamis (17/3/22) nanti, pendaftaran kartu pra kerja gelombang ke-24 resmi dibuka dengan kuota sebanyak 300 ribu peserta,” katanya.

Dihubungi VISINEWS Selasa (15/3/22), Anggota Komisi I ini mengungkapkan, realisasi kartu pra kerja di awal tahun 2022 atau pada gelombang ke-23, direalisasikan sebanyak 500 ribu peserta.

“Realisasi kartu pra kerja selama kurun waktu tiga bulan terakhir di tahun 2022, akan mencapai 800 ribu peserta, dan ditahun ini kartu pra kerja memberikan keberpihakan kepada 220 kabupaten,” ungkap Reynaldi.

Keberpihakan terhadap 220 kabupaten tersebut, lanjut Reynaldi, merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam menekan atau menurunkan kemiskinan ekstrem di Indinesia termasuk di daerah Jabar, adapun persyaratan sesuai Permenko No 11 Tahun 2020 ialah.

“ada tiga syarat utama bagi penerima Kartu Prakerja yaitu, Warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP, berusia minimal 18 tahun atau tidak sedang mengikuti pendidikan formal,” ujarnya.

Selain itu, kartu prakerja juga ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau buruh yang terkena PHK, atau pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, artinya, orang yang sudah bekereja pun bisa mendaftar.

“Asal memenuhi persyaratan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi, orang yang sudah bekerja pun bisa ikut mendaftar kartu prakerja,” paparnya.

Baca Juga :  Bekerja Sama dengan Polrestabes Bandung, UIN Sunan Gunung Djati Gelar Vaksinasi Covid-19

Tidak sampai disitu, target kartu prakerja ini juga di prioritaskan bagi pekerja atau buruh yang dirumahkan maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak yang terdampak pandemi Covid-19.

“Jadi semua sektor masuk kedalam target realisasi peserta kartu prakerja, sebab yang menjadi patokan adalah peningkatan kompetensi kerja dan keahlian,” jelas Reynaldi.

Terakhir, cara membuat akun kartu prakerja dan cara pendaftarannya yakni dengan mengunjungi laman www.prakerja.go.id, lalu klik Buat Akun, mendapatkan verifikasi akun melalui email.

“Setelah terdaftar, dan akun kartu prakerja telah aktif, kemudian pendaftar diminta untuk melakukan verifikasi KTP, nomor NIK, nomor KK, dan tanggal lahir dan ikuti petunjuk seterusnya,” pungkasnya. @eko.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Tantangan dalam Penanggulangan Bencana Makin Besar, Mensos Minta Jajaran PSKBA Bekerja Maksimal dan Profesional

Sel Mar 15 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MALANG – Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Kementerian Sosial dalam tugas penanggulangan bencana. Di balik tingginya resiko, namun membantu sesama di kawasan bencana merupakan tugas mulia. Mensos memberikan motivasi dan arahan kepada jajaran Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) yang menggelar Rapat […]