Pengunjung Panik, Pasar Baru Bandung Kebakaran

Editor Diawali sebuah ledakan besar, Pasar Baru Kota Bandung pada Kamis (18/1/2024) pukul 13.00 WIB mengalami kebakaran. /visi.news/instagram/tangkapan layar
Silahkan bagikan
  • Api berasal dari ruang genset di basement pasar yang kemudian meledak dan menyebabkan asap hitam pekat mengepul keluar.

VISI.NEWS | BANDUNG – Kebakaran hebat melanda Pasar Baru Bandung, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Kota Bandung, pada Kamis (18/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. Api berasal dari ruang genset di basement pasar yang kemudian meledak dan menyebabkan asap hitam pekat mengepul keluar. Para pedagang dan pengunjung yang berada di dalam pasar panik dan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Salah seorang pedagang bernama Sudirman Laweh mengatakan, ia sedang berada di basement untuk melakukan penagihan saat kejadian. Ia mendengar suara ledakan dan melihat asap keluar dari ruang genset. “Awalnya ada asap dari ruangan genset. Jadi enggak langsung meledak. Selang beberapa menit, meledak,” katanya.

Sudirman mengaku langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran dan berusaha memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di pasar. Namun, upaya tersebut tidak berhasil karena api terlalu besar. Ia pun segera mengamankan diri dan motornya. “Saya panik langsung keluar ngamanin diri dan motor. Kebanyakan (pedagang dan pengunjung) mengamankan diri,” ujarnya.

Sementara itu, Aam Deni, seorang pekerja di Pasar Baru, mengatakan bahwa ledakan tersebut tidak menyebar ke kios lainnya. Hanya lampu di beberapa lokasi dan basement yang mati akibat kebakaran. “Belum kena kios lain cuma lampu mati di beberapa lokasi dan basemen,” katanya..

Petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung segera tiba di lokasi setelah menerima laporan dan mengerahkan 20 mobil pemadam kebakaran. Mereka berusaha memadamkan api yang masih berkobar di basement. Hingga berita ini ditulis, proses pemadaman masih berlangsung dan belum diketahui penyebab pasti kebakaran.

Baca Juga :  LPSK: Korban Rudapaksa Herry Wirawan Mengajukan Pembayaran Ganti Rugi

Petugas Diskar PB Kota Bandung, mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan penguasaan api akibat kebakaran. Ia mengimbau kepada para pedagang dan pengunjung untuk tetap tenang dan tidak mendekati area kebakaran. “Kami masih melakukan penyelidikan dan pemadaman. Kami minta masyarakat untuk tidak panik dan menjauh dari lokasi kebakaran demi keselamatan bersama,” ucapnya.

Pasar Baru Bandung merupakan salah satu ikon Kota Bandung yang berdiri sejak tahun 1920. Pasar ini menyediakan berbagai macam barang, mulai dari pakaian, aksesoris, kain, hingga makanan. Pasar ini juga menjadi tujuan wisata belanja bagi para pengunjung dari dalam dan luar kota.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kebakaran di Pasar Baru Ternyata Hanya Basement, Ini Penyebabnya

Kam Jan 18 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Kebakaran di Pasar Baru Kota Bandung ternyata hanya basementnya pada Kamis (18/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. Asap tebal mengepul dari gedung pusat perbelanjaan tersebut, membuat pedagang dan pengunjung panik. Apa penyebab kebakaran tersebut? Menurut Kasi Ops Pemadaman Diskar PB Kota Bandung, Asep Rahmat, kebakaran diduga […]