Penjual Bakso di Karawang Pakai Daging Tikus? Yuk, Cek Faktanya!

Editor Jajaran Kapolres Karawang saat rilis berita hasil penyelidikan viralnya bakso daging tikus di halaman Mako Polres Karawang, Jumat (13/5/2022)./via tribratanewskarawang.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KARAWANG – Baru-baru ini viral di media sosial TikTok seolah kuah bakso ada ekor tikusnya. Atas kejadian tersebut jajaran Polres Karawang, Jawa Barat, segera mengambil tindakan.

Hasilnya cukup melegakan karena Polres Karawang berhasil mengecek fakta sebenarnya yang dirilis kepada media, Jumat (13/5/2022) di halaman Mako Polres Karawang.

Kepada media Kapolres mengungkapkan kasus bakso ekor tikus yang viral di medsos Tiktok guna mendinginkan bola panas yang viral di masyarakat, jajaran Kapolres dan tim dengan sigap melakukan penyelidikan berkerja sama dengan instansi terkait demi membuktikan video yang viral dan terjadi di salah satu kios bakso di wilayah Kabupaten Karawang.

Adapun kronologisnya, pada hari Sabtu tanggal 07 Mei 2022 ditemui viralnya video TikTok pada akun @leogirl631 yang memposting bakso yang di dalamnya terdapat benda lancip menyerupai ekor tikus warna putih di Karawang sehingga menimbulkan komentar warganet seolah bakso tersebut dibuat dengan bahan daging tikus.

”Mengetahui hal tersebut kita lakukan profiling dan pemeriksaan terhadap pembuat konten serta mengamankan bakso yang dibeli oleh pembuat konten, dan langsung mendatangi tempat penjual bakso selanjutnya melakukan uji laboratorium terhadap bakso yang diduga menggunakan bahan daging tikus,” jelas Kapolres.

Hasilnya, berdasarkan hasil uji Laboratorium Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Pengujian Mutu Dan Sertifikasi Produk Hewan dengan nomor seri : 313 Nomor : 0244/A/LHU/F5.A/05.22 bahwa sampel bakso dengan nomor analisis 8.22.1081
tersebut NEGATIF daging tikus, dan POSITIF daging sapi, ungkap Kapolres.

Dalam konferensi pers tersebut Kapolres didampingi Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kab. Karawang dr Yayuk Sri Rahayu, M.KM., Sub-Koordinator Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Siti Komalaningsih SP. , serta Ketua Umum Persatuan Pedagang Mie dan Bakso Indonesia (Papmiso), Bambang.

Baca Juga :  Kasus Kematian Covid-19 di Karawang Capai 1.007 Orang

“Allhamdulillah setelah dilaksanakan pemeriksaan oleh instansi terkait, bakso di Karawang negatif mengandung daging tikus dan positif mengandung daging sapi.

“Masyarakat Karawang jangan resah dan takut mengonsumsi bakso di Kab. Karawang karena pedagang bakso di Karawang selain memajukan UMKM juga terbukti menggunakan positif daging sapi,” imbuh Kapolres. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pamit ke Ibu Mau Mandi, Seorang Pemuda Ditemukan Tewas di Dalam Sumur

Sab Mei 14 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA SUKABUMI – Diduga terpeleset kedalam sumur, seorang pemuda berinisial M alias D berusia 27 tahun, ditemukan meregang nyawa di dalam sebuah sumur. Kapolsek Cisaat Kompol Rusmadi mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (12/5/2022) malam sekitar pukul 19.30 WIB. “Berdasarkan keterangan saksi telah ditemukan mayat lelaki yang […]