Penuhi Hak Pendidikan dan Rekreasi Anak, Dompet Dhuafa Gelar Edutrip With Yatim

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Indonesia menetapkan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Momentum ini tentunya harus menyadarkan bahwa setiap anak berhak mendapatkan penjagaan, pendidikan dan kehidupan yang baik, pemenuhan hak dan perlindungan.

Anak membutuhkan arahan agar dapat tumbuh dengan sehat dan aman dengan pemenuhan hak-haknya. baik itu hak asuh, hak kesehatan, hak pendidikan dan rekreasi serta hak mendapatkan perlindungan. Namun pada kenyataanya, tidak sedikit anak-anak yang tidak mendapatkan hak tersebut. Terutama bagi mereka yang telah kehilangan orang tuanya.

“Tentunya hal ini harus menjadi perhatian sekaligus evaluasi khususnya bagi orang tua maupun seluruh elemen masyarakat untuk turut membantu memberikan atau memenuhi hak-hak bagi anak-anak tersebut,” ungkap Andriansyah, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).

Pada momentum Hari Anak Nasional, Dompet Dhuafa Jawa Barat bersama komunitas kerelawanan DDV Jabar berbagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim dalam rangka mendukung pemenuhan hak pendidikan dan rekreasi.

DD Jabar melaksanakan kegiatan Edutrip with Yatim dengan tema “Rekreasi Sambil Belajar Bersama Anak Hebat”, mengajak 90 anak yatim dari 3 wilayah yaitu Bandung, Tasikmalaya dan Cirebon. Para volunteer turut serta memeriahkan kegiatan yang diisi dengan kegiatan rekreasi dan edukasi. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga tempat diantaranya Lembang Park Zoo, Woodland Kabupaten Kuningan dan Pasir Pataya Kota Tasikmalaya.

Menuju tempat rekreasi, anak-anak datang dengan menaiki mobil wisata, mereka dikenalkan dengan mobil iconic khas Bandung, Tasikmalaya dan Cirebon. Dari kegiatan Edutrip With Yatim ini diharapkan anak-anak mampu mengeksplor alam, baik flora maupun faunanya, sehingga dapat menumbuhkan rasa syukur akan kebesaran-Nya.

Tak hanya sekedar rekreasi, anak-anak yatim juga diberikan edukasi yang bermanfaat, motivasi, serta games yang dikemas secara menarik sehingga menambah rasa semangat dan keceriaan.

Baca Juga :  Data Diduga Bocor, Polri akan Panggil Dirut BPJS Kesehatan

Penanggung Jawab Program Pendidikan dan Dakwah Dompet Dhuafa Jabar, Anjar Galih Hadiansyah, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan komitmen Dompet Dhuafa Jabar untuk senantiasa memuliakan anak-anak yatim di Indonesia, khususnya Jawa Barat.

“Anak adalah titipan dan amanah, hadiah terbesar dari Allah yang harus dijaga terutama tentang spiritual, menguatkan tauhid serta menjadi manusia yang dapat menegakkan agamanya serta berguna bagi masyarakat. Anak membutuhkan arahan agar dapat tumbuh dengan sehat dan aman dengan pemenuhan hak-haknya. Hak-hak tersebut diantaranya hak asuh, hak kesehatan, hak pendidikan dan rekreasi serta hak mendapatkan perlindungan. Namun pada kenyataanya, tidak sedikit anak-anak yang tidak mendapatkan hak tersebut. Terutama bagi mereka yang telah kehilangan orang tuanya”, tutur Anjar saat memberikan sambutannya.

Di akhir sesi kegiatan, anak-anak diberikan bingkisan sebagai bentuk hadiah dan motivasi untuk terus semangat belajar meraih cita-citanya. Senyum bahagia yang terpancar dari mereka, seolah-olah mengisyaratkan bahwa kehilangan orang yang tersayang bukanlah akhir dari segalanya, bukan pula kebahagiaan kita diambil oleh-Nya. Namun, kehilangan tersebut merupakan cara Allah mendidik hambanya untuk belajar ikhlas menerima semua takdir yang menjadi ketetapan-Nya. Karena pada akhirnya semua yang diciptakan akan kembali kepada sang pencipta.

@uli

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sambut HUT RI, DPW LDII Jatim Helat Kerja Bakti Massal se-Jatim

Jum Agu 4 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus kegiatan Road to Rakernas, DPP LDII mencanangkan program Kerja Bakti Nasional pada Jumat (4/8/2023). Kegiatan tersebut disambut DPW LDII Jawa Timur dengan menggelar kegiatan kerja bakti di seluruh Provinsi Jawa Timur. “Instruksi DPP LDII kami […]