Penyebab Mengapa Banyak Jemaah Tersesat di Masjidilharam

Editor Ali al-Muwwafaq dijemput untuk menjalankan ibadah haji. Foto: ibadah haji./republika.co.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Arsitektur Masjidilharam Mekah memang membuat kagum setiap jemaah yang melihatnya, kemegahan masjid suci tersebut pun dibingkai sedemikian rupa agar membuat jemaah yang berada di dalamnya merasa nyaman dalam beribadah.

Lantas mengapa jemaah haji Indonesia kerap tersesat di Masjidilharam?

Dalam buku “Makkah” karya Zuhairi Misrawi dijelaskan, Masjidilharam memiliki kekhasan tersendiri. Baik dari segi arsitektur maupun dari segi luasnya yang menakjubkan.

Menurut dia mengenang masa kuliahnya di Al Azhar Mesir, para mahasiswa yang melaksanakan ibadah haji dan umrah begitu sampai Masjidilharam langsung menuju ke pintu As Salam.

Masuk dari pintu tersebut, kata dia, diyakini sebagian kalangan sebagai pilihan untuk mengikuti sunah Nabi Muhammad saw. Sebab, ketika Nabi memasuki Kakbah pertama kali, Nabi memasukinya melalui pintu tersebut.

Namun demikian, tak mudah bagi siapa pun jemaah haji maupun umrah mencari pintu tersebut. Alasannya, Masjidilharam memiliki banyak pintu yang mana pada akhirnya inilah salah satu alasan mengapa banyak jemaah haji asal Indonesia yang tersesat di sana.

Banyaknya pintu di Masjidilharam membuat para jemaah asal Indonesia tidak bisa menghafal nama-nama masuk pintu tersebut yang menggunakan bahasa Arab. Namun demikian, nuansa sakral tetap terasa bagi siapa pun jemaah yang hadir beribadah di Masjidilharam apa pun serba-serbi yang mereka rasakan di tanah suci. @fen/sumber: ihram.co.id 

 

Baca Juga :  Waspada Penipuan, Akses Layanan Kelistrikan Resmi Aman melalui PLN Mobile

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ini pesan Bupati Nina Agustina kepada Kader PDI-P Indramayu

Sen Mei 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Bupati Indramayu, Nina Agustina, melakukan silaturahmi bersama kader dan pengurus PDI Perjuangan, Kabupaten Indramayu dalam acara Rakercab Virtual PDI Perjuangan Jawa Barat di Aula PGRI Indramayu, Minggu, (23/5/2021). Seperti diketahui, Bupati Nina Agustina sejak resmi dilantik, Jumat 26 Februari 2021 lalu, banyak melakukan gebrakan dan terobosan program […]