Penyelenggara Pemilu Diminta Bekerja Profesional dan Sesuai Aturan

Editor Logo Pemilu 2024. /visi.news/net
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BEKASI – POSNU Bekasi berharap  penyelenggara pemilu  bekerja profesional untuk mewujudkan pesta demokrasi yang berkualitas. Hal ini diungkapkan setelah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di  Kota Bekasi dilantik secara serentak, Kamis (25/1/2024) lalu.

Badri Tamami, pegiat demokrasi dan kepemiluan DPC Poros Sahabat Nusantara (POSNU), mengatakan bahwa KPPS, petugas yang bertugas melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024.

“Oleh karenanya, anggota KPPS harus memenuhi persyaratan dan memahami tugas dan tanggung jawab yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU,” ungkapnya kepada VISI.NEWS, Senin (29/1/2024).

Sebab kualitas penyelenggaraa pemilu, katanya, sangat ditentukan antara lain oleh peran aktif dalam mensosialisasikan fungsi kinerjanya terlebih dalam hal teknis untuk memastikan anggota KPPS dapat memahami tugas dan wewenang sehingga dapat bekerja secara optimal juga profesional.

Selain itu, kata Badri, anggota KPPS harus bekerja berdasarkan amanat konstitusi atau regulasi dan seluruh peraturan pelaksanaannya. “Jangan sampai menyimpang ke kiri atau ke kanan”.

Pemerintah dan KPU, kata Badri, akan mengalami kegagalan yang besar jika KPPS tidak bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Disini juga, KPU perlu memperhatikan ada jaminan perlindungan sosial dan pengecekan kesehatan untuk anggota KPPS yang bertugas di Pemilu 2024,” tandasnya.

KPU harus memberikan informasi yang baik kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak suara yang tercantum dalam DPT ataupun DPTb. Tidak boleh ada pemilih yang tidak datang TPS karena tidak tahu informasi yang akurat tentang penyelenggaraan Pemilu.

“Karena itu, sosialisasi di sekitar wilayah TPS oleh para penyelenggara harus dimaksimalkan, sebab menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh rakyat di Kota Bekasi mendapatkan informasi yang baik dan memastikan diri untuk datang tanggal 14 Februari dan tidak ada yang tertinggal di rumah dan tidak ada yang juga menjadi golongan putih(Golput)dalam Pemilihan Umum tahun 2024 yang akan datang,” pungkas Badri.

Baca Juga :  Mayoritas Penumpang Elf Tertidur saat Kecelakaan Tol Cipali

@mh

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aminah Cendrakasih jadi Google Doodle, Apa Kiprahnya

Sen Jan 29 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Google Doodle hari ini, Senin (29/1/2024), menghiasi laman pencarian dengan gambar Aminah Cendrakasih, aktris senior yang dikenal sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Google Doodle ini merupakan bentuk penghargaan kepada Aminah Cendrakasih yang hari ini genap berusia 86 tahun. Aminah Cendrakasih lahir […]