Perdana Menteri Yunani Ungkapkan Belasungkawa kepada Presiden Turki

pixabay.com/via wowkeren/ist.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis langsung mengungkapkan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan atas bencana gempa yang menimpa kedua negara tersebut.

Diketahui kedua negara ini tengah berkonflik selama beberapa bulan terakhir akibat ketegangan di Mediterania Timur. Namun, gempa membuat Mitsotakis menegaskan bahwa perbedaan harus dilupakan di tengah bencana.

“Saya baru saja menelepon Presiden (Erdogan) untuk menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa secara tragis akibat gempa bumi yang melanda kedua negara kami,” ujar Mitsotakis dalam akun Twitter resminya.

“Apa pun perbedaan kita, inilah saat-saat ketika orang-orang kita perlu berdiri bersama,” ujarnya.

Gempa bumi dengan kekuatan 7 magnitudo mengguncang Turki dan Yunani pada Jumat (30/10/2020) sore waktu setempat. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebutkan gempa berasal dari Laut Aega dengan kedalaman sekitar 16,5 kilometer. Namun, sejumlah lembaga turut melaporkan data mengenai kekuatan dan penyebab gempa yang berbeda-beda.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania mencatat kekuatan awal gempa 6,9 magnitudo yang berpusat di 13 kilometer utara timur laut Kepulauan Samos, Yunani. Sementara itu, otoritas Badan Manajemen Bencana dan Darurat Turki mencatat gempa berkekuatan 6,6 magnitudo.

Melansir WowKeren dari Associated Press, guncangan gempa ini telah membuat sejumlah bangunan di Provinsi Izmir, sebelah barat Turki ambruk. Tsunami kecil yang berupa gelombang pasang juga sempat menerjang distrik Kota Seferihisar, pesisir Izmir. Akibatnya, air laut memasuki kota yang berpenduduk sekitar 3 juta jiwa itu.

Saat ini, otoritas darurat juga telah mengirimkan tim pencarian dan penyelamatan ke Izmir. Laporan terbaru mengungkap korban tewas akibat gempa berjumlah 22 orang. Jumlah korban tewas dilaporkan paling banyak terjadi di Izmir, Turki dan sisanya di Pulau Samosa, Yunani.

Gempa tersebut juga telah membuat 800 orang di Turki dan Yunani terluka. Gempa ini telah meruntuhkan puluhan bangunan di kota Izmir. Kerusakan paling parah banyak ditemukan di sekitar kota Aegean, Izmir, Turki yang dipenuhi dengan blok apartemen bertingkat tinggi.

AFAD mencatat sekitar 17 bangunan di Distrik Izmir runtuh akibat gempa. Korban disebutkan bisa terus bertambah mengingat tim evakuasi terus melakukan pencarian terhadap korban yang kemungkinan masih tertimbun di reruntuhan.

Salah seorang saksi mata bernama Ilke Cide menceritakan guncangan gempa sangatlah kuat.

“Saya sangat terbiasa dengan gempa bumi, jadi saya tidak menganggapnya serius pada awalnya. Tetapi kali ini sangat menakutkan, gempa tersebut berlangsung setidaknya 25-30 detik,” ungkap Cide yang merupakan mahasiswa program doktoral itu, seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (31/10/2020). @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Debat Publik, Tiga Paslon Bupati Bandung Kenalkan Diri dan Motivasi Pencalonannya

Sab Okt 31 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Debat publik pasangan calon (Paslon) Bupati Bandung yang berlangsung di Kopo Square, Sabtu (31/10/2020), diawali dengan memperkenalkan diri dan menyampaikan visi masing-masing paslon. Acara debat yang disiarkan langsung oleh InewsTV tersebut, diawali oleh Paslon No. 1 Kurnia Agustina Dadang Naser dan Usman Sayogi atau Nia-Usman (NU […]