Peringatan Hari Pahlawan, Saatnya ASN Berjuang Angkat Inovasi

Editor Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono saat diwawancarai usai melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan./via dpr.go.id/ oji/nr/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Sekretariat Jenderal DPR RI bersama Sekretariat Jenderal MPR RI dan Sekretariat Jenderal DPD RI melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan pada 10 November 2022 bertempat di lapangan Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta.

Memaknai hari penuh perjuangan tersebut, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono menyampaikan bahwa semangat juang para pahlawan harus tetap ada pada setiap diri ASN.

“Tadi disampaikan beberapa pesan yang diamanatkan oleh pemerintah bahwa kita harus tetap mengingat semangat para pahlawan. Pada saat itu perjuangan yang mereka lakukan sangat terbatas namun berhasil meraih kemenangan. Apa yang ada disini adalah maknanya semangat itu harus ada walaupun bentuk perjuangan nya saat ini berbeda, jadi semangat perjuangan tetap harus ada di setiap ASN,” ujarnya saat ditemui seusai upacara, Kamis (10/11/2022), seperti dilansir laman Parlementaria.

Lebih lanjut, Sumariyandono menegaskan bahwa perjuangan ASN di masa kini dan masa depan adalah dengan menciptakan inovasi-inovasi baru sebagai sebagai bentuk perlawanan musuh-musuh yang tak kasat mata.

Hal ini berbeda dengan perjuangan pahlawan di tahun 1945 yang angkat senjata secara nyata demi melawan penjajah. Ia mencontohkan, pandemi Covid-19 sebagai salah satu ancaman di masa kini yang harus diatasi oleh inovasi begitu juga beberapa masalah lain seperti krisis energi.

“Sekarang lebih pada angkat inovasi-inovasi baru, karena beda masa beda juga tantangannya. Kalau dulu menghadapi secara fisik, sekarang kita tidak tau siapa musuh kita dan kapan dia datang. Contohnya adalah Covid-19. Terus berkaitan juga dengan krisis energi yang menyebabkan terpuruknya perekonomian beberapa negara, itu tantangan-tantangan yang berbeda dengan dulu. Dulu tantangannya nyata sekali, musuhnya nyata sekali sekarang tidak bisa kita prediksi,” lanjutnya.

Baca Juga :  Anggota Dewan: Mudik Tahun Ini Tidak Sukses, Macetnya sampai 18 Jam

Sumariyandono juga menyinggung mengenai penerapan kebhinekaan dalam pelaksanaan tugas ASN. Hal tersebut sejalan dengan sambutan pembina upacara yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal MPR RI, Ma’ruf Cahyono yang mengatakan bahwa momentum peringatan Hari Pahlawan 2022 sebagai langkah memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa serta saling menghargai satu sama lain.

“Kemudian hal yang lain yang diberikan catatan adalah mengenai kebhinekaan. Kita tahu di kita banyak sekali perbedaan-perbedaan namun perbedaan ini jangan menjadi sesuatu yang memecah belah kita tetap harus solid sehingga kita bisa menghadapi tantangan yang terjadi,” tutupnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Fakta-Fakta “Penyanyi Dangdut Pria Paling Di Hati” di Anugerah Dangdut Indonesia 2022

Kam Nov 10 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Pioneer Ajang penghargaan pertama di Indonesia untuk musik dangdut merupakan gelaran ke-16 Anugerah Dangdut Indonesia dengan mengangkat tema ‘Colour of Dangdut’. Musik dangdut kini sudah diterima oleh semua kalangan dan terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan industri musik di Indonesia. Ajang penghargaan ‘Anugerah Dangdut Indonesia’ akan […]