Peringati Hari Santri, MI Ma’arif Sidoarjo Gelar Market Day

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | SIDOARJO – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma’arif Babatan, Jati Sidoarjo pamerkan sejumlah produk olahan bernilai jual hasil karya siswa dalam market day memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2023, pada Sabtu (21/10/2023).

Sejumlah kios ala UMKM berjajar di lingkup sekolah yang menjual produk olahan makanan hasil kreasi seni siswa.

Kepala Sekolah MI Ma’arif Babatan Jati, Fatin Umama S.Pd. menegaskan market day ini selain rangkaian acara dalam memperingati hari santri juga sebagai bentuk penguatan kurikulum merdeka berbasis profil pelajar Pancasila.

“Selain penguatan pelajar Pancasila, banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi jeda tengah semester bagi para siswa salah satunya adalah market day. Kegiatan ini sebagai upaya menumbuhkan bakat dalam bidang wirausahawan siswa,” kata Fatin Umama dalam keterangan tertulisnya.

Market day sekaligus pengenalan ekonomi kepada siswa ini, sebagai implementasi projek based learning dalam pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran yang menghendaki adanya lingkungan belajar yang nyata sesuai konteks yang real di lapangan.

“Kami ingin memberikan pengalaman siswa cara mengemas dan menawarkan barang dagangan agar bisa laku di pasaran serta memperkuat karakter jujur, mandiri dan gotong royong,” imbuh Umama.

Dia menambahkan, market day kali ini tak lepas dari kerjasama yang apik bersama wali murid. Selain itu pihaknya juga menanamkan, nilai-nilai dan perilaku santri sesuai tema yang diusung tahun ini ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’.

@agung hf

Baca Juga :  Muslim Inggris Keliling Bersepeda Galang Dana guna Bantu Rakyat Bangladesh yang Terdampak Bencana Banjir

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ditinggal Wafat Sebelum Masuk Pesantren, Ilham Ingin Selamatkan Ibunya dengn Ilmu dan Hapalan Qur'an

Ming Okt 22 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SUKABUMI – Ilham tak mampu menahan air mata saat mengingat almarhumah ibunya. Santri dengan nama lengkap Muhammad Ilham Ramadhan itu ditinggal sang ibu tepat satu bulan sebelum berangkat ke pesantren. Ilham, panggilan akrabnya, adalah santri Pondok Pesantren Daarut Tarmizi, Sukabumi, Jawa Barat. Ia masuk ke pesantren pada […]