Peringati Hari santri, Reynaldi : Santri Bagian Dari Pejuang Kemerdekaan NKRI

Editor Anggota DPRD Jawa Barat, Reynaldy Putra Andita Budi Raemi./visi.news/eko aripyanto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Anggota DPRD Jabar Fraksi Golkar Reynaldi menyebutkan, peran santri merupakan sebuah komunitas yang sangat bersejarah, berjasa dan berkarya terhadap bangsa dan negara.

Bukan hanya saat memperjuangkan kemerdekaan, kata Reynaldi, tetapi juga mengisi kemerdekaan terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

“Bahwa santri mempunyai tiga peran yang sangat penting dalam lahirnya Hari Santri, pertama adalah hubbul wahtan minal iman, yang artinya seluruh santri mencintai NKRI,” katanya.

Kemudian kedua, hifdzu mitsaq yang tidak lain adalah menjaga kesepakatan bersama, bahwa dasar negara kita adalah Pancasila.

“Jadi santri harus paling depan dalam mempertahankan, memperjuangkan, dan mengamalkan Pancasila,” sambungnya.

Selanjutnya ketiga, semangat untuk memakmurkan negeri ini, artinya santri harus berkiprah dalam segala hal, sehingga khusunya di Jabar masyarakatnya sejahtera, adil dan makmur.

“Jadi seiring berkembangnya zaman, para santri dan ulama tak lagi dipandang berbeda dengan masyarakat umumnya, kaum santri mengalami banyak kemajuan,” ujar Reynaldi.

Diketahui, saat ini banyak santri telah masuk ke berbagai profesi seperti saudagar, pejabat, akademisi, pimpinan ormas, politisi, bahkan juga seniman atau sastrawan.

“Santri juga banyak berkiprah pada jabatan-jabatan penting dalam instansi pemerintahan, termasuk dalam jajaran TNI/POLRI,” pungkasnya.@eko

Baca Juga :  2.955 Mahasiswa Ikuti Olimpiade Agama, Sains, dan Riset PTKI

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Marak Kasus Gagal Ginjal Anak, Wasekjen MUI Sarankan Bentuk Tim Investigasi

Ming Okt 23 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, KH Arif Fahruddin menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas terkuak dan merebaknya kasus gagal ginjal misterius hingga merenggut banyak nyawa anak-anak Indonesia. Kiai Arif meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan dan stakeholder terkait seperti BPOM agar segera bertindak cepat […]