Permintaan Plasma Konvalesen untuk Penyembuhan Pasien Covid-19 Meningkat

Editor :
Seorang pendonor plasma darah sedang menjalani proses pengambilan plasma konvalesen di PMI Kota Solo./visi.news/istimewa.

Silahkan bagikan

VISI-NEWS.COM – Sejak dikembangkannya terapi plasma darah atau disebut plasma konvalesen bagi pasien yang terinfeksi Covid-19, banyak masyarakat mengajukan permintaan plasma darah tersebut ke PMI Kota Solo.

Terapi pasien Covid-19 menggunakan plasma konvalesen, diklaim dapat meningkatkan daya antibodi pada pasien yang mempercepat proses penyembuhan.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Solo, dokter Kunti Dewi Saraswati, Sp. PK, MKes, di sela kegiatan donor plasma di poliklinik PMI Kota Solo, Kamis (10/12/2020) petang, menjelaskan kepada VISI-NEWS.COM, seiring meningkatnya jumlah pasien Covid -19 permintaan plasma darah sebagai terapi pemulihan pasien Covid -19 juga meningkat pesat.

“Donor plasma merupakan metode pengambilan darah, hanya diambil salah satu komponen. Komponen darah yang lain dikembalikan lagi ke tubuh pendonor dan dalam 2 minggu sekali donor plasma bisa dilakukan kembali,” katanya.

Pengambilan plasma darah dari seorang pendonor yang sembuh dari infeksi virus corona, menurut dokter Kunti, dilakukan dengan metode apheresis. Syarat bagi yang akan mendonorkan plasma darahnya, persyaratan wajibnya adalah secara medis telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Calon pendonor akan diperiksa vena dan darahnya karena proses pengambilan plasma dengan metode apheresis membutuhkan waktu hingga 60 menit.

Kepala Unit Donor Darah PMI itu mengimbau para pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh agar mendonorkan plasma darahnya untuk membantu pasien yang masih dalam perawatan di rumah sakit. Kebutuhan plasma darah untuk meningkatkan antibodi pada pasien Covid-19 yang dalam perawatan akan sangat membantu proses penyembuhan.

“PMI selain menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, juga melakukan sosialisasi kepada para penggerak donor melalui media sosial, serta pendekatan kepada pimpinan instansi ataupun organisasi. Kita berharap mereka yang telah sembuh dari infeksi virus corona mendonorkan plasma darahnya,” jelasnya, sambil menambahkan, PMI Kota Solo melayani pendaftaran dan konsultasi donor plasma melalui telepon dokter Kunti nomor +62 856-2820-827, dokter Agni nomor +62 821-3388-8855 dan dokter Reza : +62 812-3418-786.

Baca Juga :  Oknum Perwira Polisi Ditangkap Bawa Sabu 16 Kg

CEO & Sekertaris PMI Kota Solo, Sumartono Hadinoto, mengungkapkan, saat ini PMI belum bisa menyediakan cadangan plasma darah dalam jumlah banyak. Setiap PMI selesai melakukan pengambilan plasma darah dari pendonor, langsung disalurkan kepada pasien Covid- 19 karena banyak yang membutuhkan.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, sambil tetap menerapkan protokol kesehatan untuk bergotong royong membantu mendonorkan plasma darah. Di Kota Solo yang kini menjadi pusat rujukan dari berbagai daerah, banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan plasma untuk mempercepat penyembuhan,” ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS), dokter Tonang Dwi Ardyanto, menjelaskan, terapi plasma konvalesen merujuk pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.

“Antibodi tersimpan dalam plasma darah orang tersebut. Jadi dengan terapi plasma konvalesen kita berusaha membantu orang yang terkena infeksi tetapi belum punya antibodi, kita bantu dengan cara memberikan plasma dari orang yang sudah sembuh dari suatu infeksi,” kata dokter Tonang.

Menurut juru bicara Satgas Covid-19 RS. UNS itu, dengan penyintas penyakit itu diharapkan pasien yang mendapatkan plasma membentuk antibodi. Dia menandaskan, antibodi yang diberikan melalui plasma tersebut dapat membantu melawan infeksi para pasien Covid-19 yang dalam perawatan. @tok

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Guna Memperlancar Tugas Keagamaan, Bupati Ciamis Bantu MUI dengan Sepeda Motor

Kam Des 10 , 2020
Silahkan bagikanVISI-NEWS.COM- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyerahkan bantuan 28 unit sepeda motor secara simbolis kepada ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) kecamatan se-Kabupaten Ciamis di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Jawa Barat, Kamis (10/12/2020). Turut hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Asisten Daerah, Ketua MUI Kabupaten Ciamis, Ketua DKM Masjid […]