Perputaran Uang di Lebaran 2022 Mencapai Rp 42 Triliun

Editor Ilustrasi mudik lebaran./freepik/via jabar.suara.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pada perayaan hari Idulfitri 2022, Kamar Dagang Indonesia (Kadin) memperkirakan selama lebaran, perputaran uang dari kota ke daerah mencapai Rp 42 triliun.

Mengutip Suara.com dari Wartaekonomi, Senin (2/5/2022), Sarman Simanjorang, Wakil Presiden Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Kadin menyebut selama Idulfitri aliran dana dari kota ke kabupaten meningkat karena animo masyarakat mudik yang memiliki niat mencari peluang di daerahnya, mendongkrak perekonomian melalui produktivitas berbagai sektor usaha.

“Kami perkirakan pada masa libur lebaran, peredaran uang antara Rp 28 hingga Rp 42 triliun dengan asumsi sekitar 85 juta orang mudik atau rata-rata 28 juta kepala keluarga, membawa sedikitnya 28 juta rupiah,”

Saman, menjelaskan pada arus kas yang diharapkan setara dengan 25% dari uang tunai yang disiapkan oleh bank-bank Indonesia untuk Hari Raya, atau Rp 175,2 triliun meningkat 13,42% dari periode yang sama tahun lalu.

“Sekitar 58% dana mengalir ke Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta, Jabodetabek, Banten, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Bali, NTB dan Maluku/Papua,” ujarnya.

Ditambahkan Saman, jumlah uang beredar yang sangat besar ini akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan II 2022.

“Jika tercapai tentu akan berkontribusi pada target 2022 pertumbuhan ekonomi nasional 5% hingga 5,5%. Artinya, momentum Idulfitri tahun ini akan berdampak sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” jelas Saman.

Karenanya, Sarman menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan momentum hari raya ini sebagai peluang berbisnis dengan memanfaatkan sumber potensi khas baik dari kerajinan tangan, kuliner dan barang lainnya, di wilayah kampungnya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. @fen

Baca Juga :  Uang Coin Kelapa Sawit Ada yang Jual Rp100 Juta, BI: Nilainya Tetap Seribu

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kekeringan Parah di AS, Ditemukan Mayat 4 Dekade di Danau

Sel Mei 3 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Mayat yang diduga berusia empat dekade dan dibuang di sebuah danau AS ditemukan. Pada Senin (2/5/2022), polisi mengatakan jumlah mayat bisa terus bertambah karena air danau surut akibat kekeringan yang memburuk. Mayat itu ditemukan ketika beberapa orang pelaut di Danau Mead dekat Las Vegas menemukan […]