Pertama Dalam Sejarah, Sudah 5.500 Guru Honorer Diangkat Jadi PPPK

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | Jakarta – Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Ali Rahim menyebut bahwa sudah ada lebih dari 550.000 guru honorer yang diangkat menjadi guru ASN PPPK. Hal itu merupakan pencapaian pertama kalinya dalam sejarah.

Dia menyebut menyebut bahwa program guru ASN PPPK memberi kepastian ketersediaan pendidik. “Selain meningkatkan kesejahteraan guru, program ini juga untuk menciptakan kepastian terhadap ketersediaan pendidik di masa mendatang,” ujar Ali dikutip dari Antara Jakarta, Sabtu (17/3).

Dia menjelaskan bahwa misi besar program yang diinisiasi Kemendikbudristek itu adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. “Pemerintah sudah punya niat yang bagus,” jelas dia.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menambahkan bahwa masih banyak pekerjaan rumah dalam meningkatkan sumber daya manusia terutama pada aspek pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan meningkatkan jumlah formasi pada ASN PPPK 2023 dari periode sebelumnya sebanyak 2.450 kuota.

“Apalagi, pemerintah pusat telah menjamin gaji ASN PPPK dan tunjangan guru melalui Dana Alokasi Umum (DAU). Pokoknya, apa yang diamanatkan menjadi tanggung jawab. Kami harus mengusulkan semaksimal mungkin,” kata Emil.

Hal itu dikarenakan untuk penyediaan gaji dan tunjangan guru ASN PPPK telah disediakan oleh pemerintah pusat berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 212/PMK.07/2022 tentang Indikator Tingkat Kinerja Daerah dan Ketentuan Umum.

Akan tetapi tidak semua Pemda memahami bahwa gaji dan tunjangan guru ASN PPPK sudah ditanggung pemerintah pusat, sehingga enggan mengusulkan formasi guru sesuai kebutuhan daerah. Padahal, banyak guru yang masih berstatus honorer maupun yang akan memasuki masa pensiun.

Gubernur Riau, Syamsuar menjelaskan pihaknya mendukung Kemendikbudristek menyukseskan program guru ASN PPPK. Pada 2022, Pemprov Riau mendapatkan formasi sebanyak 3.302 guru.

Baca Juga :  Italia Pecahkan Rekor Tak Terkalahkan Sepanjang Masa

“Kami berharap rekrutmen guru ASN PPPK berjalan baik dan lancar. Nanti para guru tenang mengajar sesuai tempat serta lokasi yang tersedia di masing-masing sekolah,” imbuh Syamsuar. @mpa/merdeka.com

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Preman Pensiun 8 Direncanakan 25 Episode, Sutradara : Baru Selesai 16 Episode

Sab Mar 18 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Serial Preman Pensiun 8 resmi bakal menyapa para penonton RCTI pada bulan Ramadhan tahun 2023 ini. Sinetron Preman Pensiun 8 akan tayang ketika sahur dan menjelang buka puasa. Episode pertama Preman Pensiun 8 akan tayang pada Kamis, 23 Maret 2022 pukul 03.45 WIB. Aris Nugraha […]