Perumda Tirta Raharja Salurkan CSR untuk Rutilahu

Salah satu Rutilahu yang menjadi target perbaikan Perumda Air Minum Tirta Raharja./visi.news/ki agus
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan konsep bahwa perusahaan memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya. Diantaranya konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Dikatakan Manajer Junior Humas dan Kesekretariatan Perumda Air Minum Tirta Raharja, Hj. Sri Hartati, ketentuan dan alokasi diperusahaannya dimulai setelah adanya perubahan Badan Hukum, dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja pada tahun 2019.

Di tahun 2020 ini, imbuhnya, Perumda Air Minum Tirta Raharja memiliki kewajiban setor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan besaran Rp 4 milyar yang dibayarkan pertriwulan sekali. Jadi tahun ini baru membayar Rp 1 milyar.

Sementara untuk CSR, dia hanya menyebutkan, ketentuan CSR Perumda Air Minum Tirta Raharja tahun buku 2018 telah ditetapkan oleh KepBup/PerBup no. 539/kep.430-perek/2019, tentang penggunaan Pengesahan Laporan Kerja dan Penggunaan Laba Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Raharja tahun 2018.

“CSR berhubungan erat dengan pembangunan berkelanjutan, yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi. Misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang,” katanya kepada VISI.NEWS, via telepon, Kamis (18/6/2020).

Dengan pengertian tersebut, lanjutnya, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku Kepentingannya, khususnya di masa pandemi virus corona (Covid-19) ini.

Kepedulian Perumda Air Minum terhadap dampak sosial, katanya, diimplementasikan dengan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), di wilayah Kecamatan Pasirjambu dan Soreang.

“Karena moto kami adalah memberikan pelayanan terhadap pelanggan juga masyarakat kecil, dan kegiatan itu akan terus kami lakukan secara kontinu,” ujarnya. @qia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tito: Jika Pilkada Ditunda, Mendagri Senang, Tapi Tidak Baik

Kam Jun 18 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan tidak baik jika Pilkada Serentak 2020 ditunda hingga masyarakat mendapat vaksin virus corona (Covid-19) pada 2022 mendatang. Dia menyampaikan itu agar masyarakat yakin bahwa Pilkada 2020 yang akan dihelat 9 Desember adalah keputusan tepat. Jika pilkada ditunda, maka Tito dapat mengangkat pelaksana tugas (plt) 270 kepala […]