Pesta Daging Idul Adha: Cara Cerdas Menikmati Tanpa Cemas Tekanan Darah

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Idul Adha sering kali disebut sebagai ‘pesta daging’ oleh umat Islam, dimana daging hewan kurban yang disembelih dibagikan kepada warga sekitar. Meja makan pun dipenuhi dengan beragam olahan daging, dari satai hingga gulai. Namun, kelezatan daging kambing ini tak jarang diikuti dengan keluhan tekanan darah yang naik.

Untuk mengatasi hal ini, ternyata ada beberapa buah yang bisa membantu menstabilkan tekanan darah setelah menyantap hidangan kaya protein tersebut. Pisang, misalnya, kaya akan potasium yang efektif dalam mengelola hipertensi. American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa potasium dapat mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Selain pisang, semangka juga menjadi pilihan tepat berkat kandungan asam amino citrulline yang dapat melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas arteri. Sebuah uji coba kecil terkontrol pada tahun 2023 bahkan menemukan bahwa jus semangka dapat menurunkan tekanan darah sistolik selama dua jam setelah konsumsi.

Tak ketinggalan, buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis juga berperan dalam menjaga tekanan darah berkat kandungan hesperidin di dalamnya. Dengan mengonsumsi buah-buahan ini, momen Idul Adha bisa tetap dinikmati tanpa khawatir tekanan darah naik.
@maulana

Baca Juga :  Tak Batalkan Puasa, MUI Tetap Sarankan Vaksinasi Malam Hari

Shinta Dewi P

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli Perluas Jangkauan dengan Program BPJS Keliling di Kepulauan Tello

Sen Jun 17 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | GUNUNGSITOLI – Dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Jum’at (16/6/2024), BPJS Kesehatan Cabang Gunungsitoli kembali menggelar Program BPJS Keliling. Program ini dirancang untuk mempermudah akses layanan kepada warga di wilayah terpencil, khususnya di Kepulauan Tello, Kabupaten Nias Selatan. Program BPJS Keliling ini merupakan inisiatif yang memungkinkan warga […]