Pilkada di Tengah Pandemi Covid-19, Pencoblosan di TPS Dibagi 6 Sif

Editor :
Simulasi pemungutan suara atau pencoblosan 9 Desember./visi.news/ayi kuraesin.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Tidak seperti pemilihan kepala daerah (pilkada) sebelumnya, pada Pilkada Serentak 2020 ini pemungutan suara, pencoblosan pada 9 Desember dilakukan dengan membagi enam jadwal atau sif. Hal ini guna penyesuaian dengan pandemi Covid -19.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Zamzam Jamaludin kepada wartawan, Selasa (8/12/2020) mengatakan, pencoblosan di tempat pemungutan suara (TPS) pada 9 Desember 2020 besok dibagi 6 sif.

Pembagian waktu tersebut guna menghindari kerumunan. Seusai mencoblos langsung akan diminta pulang ke rumahnya masing-masing.

Dikatakan Zamzam, ditemukan 245 petugas TPS reaktif setelah menjalani rapid test.

“Setelah ada 245 petugas TPS yang reaktif, kita bagi 6 sif waktu pemilihan di TPS. Jadwalnya sudah ditulis dalam keterangan di formulir pemberitahuan yang sudah dibagikan ke tiap pemilih. Jadi kita buat tidak ada kerumunan. Semua pemilih yang sudah nyoblos diminta pulang oleh petugas keamanan Polisi dan TNI,” kata Zamzam.

Menurut dia, saat ini pengiriman logistik seperti surat suara, kotak suara, dan kelengkapan pencoblosan di pilkada sudah didistribusikan. Selain itu juga ke tiap TPS ada tambahan kelengkapan protokol kesehatan, mulai perlengkapan cuci tangan di tiap TPS, hand sanitizer, dan sarung tangan.

“Setiap TPS dilengkapi alat protokol kesehatan. Nantinya tiap pemilih diberi sarung tangan saat akan mencoblos. Sesudahnya cuci tangan lagi seusai mencoblos dan wajib langsung pulang,” ujarnya.

Adapun untuk tata cara mencoblos, jelas Zamzam, di setiap formulir yang telah dibagikan ke para pemilih telah tercantum tata cara mencoblos di masa pandemi sekarang.

Pemilih datang ke TPS sesuai dengan waktu sif yang telah ditentukan dan tertera di formulir pemberitahuan. Para pemilih hanya mengambil pulpen sendiri, bermasker, dan KTP elektronik serta surat pemberitahuan mencoblos saat mendatangi TPS

Baca Juga :  Tidak Bisa Digunakan, Petani Ciparay Buang Kartu Tani Pemberian Dari Salah Satu Paslon Pilbup Bandung.

“Jadi kami yakin dengan langkah itu tak akan ada kerumunan di TPS saat pencoblosan karena waktunya sudah dibagi,” tutur Zamzam.

Adapun para petugas TPS saat pencoblosan di masa pandemi ini, dilengkapi kelengkapan protokol kesehatan seperti masker dan sarung tangan.

“Ini pengalaman pertama pilkada di masa pandemi covid. Selain proses tahapan normal pilkada, kita juga sangat ditekankan pelaksanaan protokol kesehatan. Ya, jalani itu,” pungkasnya. @arn

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Truk Hantam Antrean Gerbang Pelabuhan Bakauheni, Tiga Tewas

Sel Des 8 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sebuah truk bermuatan triplek hilang kendali dan menabrak sebuah truk lain yang sedang mengantre di gerbang tiket PT ASDP Indonesia Ferry, Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, Senin (7/12) malam. Dalam insiden itu setidaknya tiga orang meninggal dunia. Mereka ialah supir truk triplek, kemudian kernet truk yang sedang mengambil […]