Pimpinan Komisi X DPR Usul Nadiem Jadi Mendikbud Ristek

Editor :
Nadiem Makarim diusul tetap menjadi menteri pendidikan dan kebudayaan setelah digabung dengan Kemenristek./antara/sigid kurniawan/ist.

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Wakil Ketua Komisi X DPR dari Fraksi Golkar, Hetifah Syaifudian mengusulkan Nadiem Makarim tetap menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) setelah digabung dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek).

“Itu adalah hak prerogatif presiden. Beliau pasti akan tempatkan orang-orang terbaik pada posisi yang tepat. Karena porsi tanggung jawab yang ada saat ini di Kemendikbud jauh lebih luas, maka sewajarnya Mendikbud (Nadiem) yang akan me-lead,” kata Hetifah kepada wartawan, Jumat (9/4/2021), seperti dilansir CNN Indonesia.

Politikus Partai Golkar itu menyambut baik penggabungan Kemendikbud dan Kemenristek yang diusulkan Jokowi dan telah mendapatkan persetujuan DPR.

“Kami Komisi X menyambut baik hal ini, Kemristek digabung kembali dengan Kemendikbud untuk meningkatkan sinergi dan peran perguruan tinggi sebagai pusat penelitian dan inovasi,” ujar Hetifah.

Sebelumnya, Rapat Paripurna DPR menyetujui penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud serta pembentukan Kementerian Investasi.

Persetujuan terhadap rencana pemerintah menggabungkan Kemenristek ke Kemendikbud dan membentuk Kementerian Investasi diberikan setelah menerima Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian dan membahasnya dalam Rapat Konsultasi pengganti Rapat Bamus DPR pada Kamis (8/4).

Sejauh ini, Jokowi belum memutuskan siapa yang memimpin Kemendikbud Ristek. Saat ini, Nadiem masih menjabat menteri pendidikan dan kebudayaan. Sementara Kemenristek dipimpin Bambang Brodjonegoro. @fen

Baca Juga :  Cegah Klaster Baru Covid-19, Polres Kendal Launching Aplikasi "Kendal Siaga"

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

MPR Dorong Lobi Haji Tahun ini Bisa Digelar

Sab Apr 10 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid atau Gus Jazil berharap agar pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag), bisa melakukan lobi tingkat tinggi kepada Pemerintah Arab Saudi sehingga pelaksanaan haji tahun ini bisa digelar.  “Kepastian keberangkatan jemaah haji akan mempengaruhi persiapan yang dibutuhkan. Ingat, rombongan haji merupakan delegasi […]