PMI Solo Pasang TV di 13 Rumah Sakit untuk Tayangkan Stok Darah Real Time

Editor CEO PMI Solo, Sumartono Hadinoto, menerima penyerahan secara simbolis 13 unit LED TV dari National Sales & Marketing Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, di kantor PMI Solo/visi.news/tok suwarto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Warga Kota Solo yang mendadak membutuhkan darah untuk transfusi pasien di rumah sakit, kini akan dengan mudah mendapatkan informasi stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) di tempat pasien tersebut dirawat.

PMI Kota Surakarta atau PMI Solo, bekerjasama dengan PT Sharp Electronics Indonesia, memasang 13 unit pesawat LED TV 42 Inch di 13 rumah sakit mitra untuk menayangkan informasi data stok darah yang tersedia di PMI.
CEO dan sekretaris PMI Kota Solo, Sumartono Hadinoto, saat menerima bantuan pesawat televisi dari National Sales & Marketing Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, di kantor PMI Solo, Kamis (23/9/2021) siang, menyatakan, selama ini masyarakat yang membutuhkan darah untuk pasien tidak bisa mendapatkan informasi secara benar stok darah di PMI.

“Masyarakat seringkali mempertanyakan, kenapa stok darah kok tidak ada di PMI. Padahal, sebenarnya ada. Akibatnya, banyak orang mencari donor dengan cara membayar orang. Kalau menggunakan pendonor dengan cara itu, selain harus keluar biaya juga belum tentu darahnya bisa dimasukkan ke tubuh pasien karena harus diskrining,” kata Sumartono, yang didampingi kepala Unit Donor Darah) UDD), dr. Kunthi Dewi Damayanti.

PMI Solo memasang televisi yang khusus menayangkan informasi stok darah, menurut Sumartono, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat tentang tatacara mendapatkan darah untuk pasien secara benar, mudah dan tanpa mengeluarkan biaya di luar ketentuan.

“Layanan sosial kemanusiaan PMI merupakan ladang amal pengabdian pengurus dengan prinsip fastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan. Itu sebabnya, PMI Solo tidak menggunakan dana APBD dan tidak mengadakan bulan dana melalui rekening listrik. Karena banyak masyarakat tidak mampu yang membayar rekening listrik seharusnya dibantu PMI,” jelasnya.

Baca Juga :  Wisatawan Terjebak Macet, Harus Terlambat ke Lokasi Wisata

Sekretaris PMI Solo, menambahkan, pemasangan televisi di rumah sakit bertujuan memperlancar jaringan informasi terkait stok darah, antara PMI dengan masyarakat. Dia memastikan, data stok darah yang ditayangkan akan diupdate secara real time dan pihak PT Sharp menjanjikan pesawat televisi tidak sampai ada yang mati, apalagi menayangkan informasi di luar stok darah seperti film atau yang lain.
National Sales & Marketing Senior General Manager PT Sharp, Andry Adi Utomo, menjelaskan, donasi untuk mendukung operasional PMI Solo dalam memberikan layanan sosial kemanusiaan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

Di era digital saat ini, kata Andry, informasi terkini yang cepat
dan akurat diperlukan guna menghindari kesalahan yang memiliki risiko tinggi.
Informasi kenapa stok darah PMI ada dibilang kosong, menurut dia, disebabkan ada informasi yang tidak sampai ke masyarakat.

“Di keterbukaan era digitalisasi ini, masalah tersebut harus diatasi agar tidak terjadi distorsi informasi. Kebutuhan sarana layar digital penting, sehingga Sharp membantu LED TV kepada PMI Solo untuk ditempatkan di beberapa rumah sakit,” jelasnya.

Andry berharap, bantuan pesawat televisi dapat mendukung PMI dalam menerapkan informasi berbasis digital untuk mensosialisasikan program-programnya di setiap rumah sakit di Solo, sehinga dapat menyelamatkan lebih banyak jiwa.@tok

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

JULO Kredit Digital Lengkapi Fitur dari Isi Pulsa sampai Scan QRIS, Ajak Indonesia untuk Hidupkan Hidupmu

Jum Sep 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT. JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash. Peluncuran fitur lengkap kredit digital JULO ini diusung melalui campaign bertema Hidupkan Hidupmu, yang mendukung masyarakat Indonesia untuk bangkit kembali menata hidup bersama JULO […]