Polres Tasik Tangkap Pria Penipu Perhiasan Emas dengan Dalih Kehabisan Ongkos

Editor Anggota Polsekta Cihideung, Polres Tasikmalaya Kota, berhasil membekuk seorang pelaku penipuan perhiasan emas imitasi./inews tv/asep juhariyono/via sindonews/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Nano Yogiswara (46) tak berkutik saat
diringkus anggota Polsekta Cigideung, Polres Tasikmalaya Kota, di sebuah warung yang ada di Terminal Indihiang. Dia ditangkap saat akan pergi naik bus ke Bekasi. Dia ditangkap karena melakukan penipuan.

Setelah berhasil ditangkap oleh petugas, pelaku langsung digelandang ke Mapolsekta Cihideung, untuk menjalani pemeriksaan. Dalam aksinya, pelaku menaruh perhiasan
emas imitasi dalam plastik di lantai dekat calon korbannya, kemudian memberi tahu korbannya bahwa ada perhiasan yang jatuh.

Setelah korbannya terperdaya, pelaku mengajak korban untuk menjualnya dan hasil penjualannya akan dibagi dua dengan korban. Selanjutnya pelaku mengaku memiliki uang di ATM sebagai dana talang pembagian hasil penjualan perhiasan, dan akan memgambilnya.

Saat mengambil uang di ATM, pelaku meminta jaminan kepada korban jika korban tidak akan kabur sehingga pelaku meminta ponsel korban sebagai jaminan. Setelah korban memberikan ponselnya, pelaku pergi dan tidak kembali lagi. Sementara korban hanya mendapatkan perhiasan imitasi yang dilengkapi dengan surat keterangan palsu senilai Rp 3.8oo,000.

Saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas, pelaku hanya bisa pasrah dan mengakui semua perbuatannya. Di hadapan petugas, Nano Yogiswara mengaku terpaksa melakukan
aksi penipuan karena tidak punya ongkos saat akan kembali ke Bekasi, setelah mudik menengok orang tuanya di Tasikmalaya.

Selain itu, juga mempunyai banyak tagihan utang. Sebelumnya saat di Bekasi, pelaku juga mengaku pernah menjadi korban penipuan serupa sehingga dia mencoba melakukan hal yang sama. Selama beraksi, dia sudah berhasil menipu tiga orang korbannya, dengan membawa kabur lima unit ponsel.

Menurut Kanit Reskrim Polsekta Cihideung, Iptu Ruhana Efendi, semula pihaknya menerima laporan korban penipuan di sebuah mall di wilayah Cihideung, dan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), serta meminta keterangan korban dan saksi-saksi.

Baca Juga :  Satgas Ingatkan Solusi Pengendalian Covid-19 Bukan Hanya Vaksin

“Pelaku ditangkap saat sedang bersama calon korbannya. Mereka sedang ngopi di warung pinggir jalan tak jauh dari Terminal Indihiang, sebelum pelaku naik bus untuk pulang ke Bekasi. Dari tangan pelaku, petugas berhasil menyita lima buah kalung emas imitasi , dan lima unit ponsel yang merupakan hasil tindak kejahatannya,” tegasnya seperti dilansir sindonews.

Kini pelaku tidak bisa pulang kembali ke Bekasi, dan harus
meringkuk di sel tahanan Polsekta Cihideung, untuk proses hukum lebih lanjut. Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 378 dan pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Seba Badui Raih Pariwisata Terfavorit Even Anugerah Pesona Indonesia

Sen Mei 24 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Tradisi Seba Badui meraih prestasi kedua pariwisata terfavorit pada even Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT). “Kami memberikan apresiasi tradisi Seba Badui yang meraih prestasi terfavorit pariwisata di Indonesia itu,” kata Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak Wawan […]