Polri Sisir Lokasi Desa Terisolasi Pakai Helikopter dan Drone

Editor Polri sisir lokasi desa terisolasi terdampak gempa Cianjur gunakan helikopter dan drone./via polresmetrobekasi.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | CIANJUR – Brimob Polri mengerahkan tim drone Bid TIK untuk mendeteksi sekaligus mencari kemungkinan lokasi pengungsian warga yang daerahnya masih terisolasi akibat gempa Cianjur Jawa Barat.

Koordinator Tim SAR Vertical Rescue Satlat Korps Brimob, Kombes Pol Rantau Isnur Eka menjelaskan tim khusus tersebut sudah dibekali sejumlah drone yang digunakan untuk mencari dan mendeteksi kemungkinan lokasi pengungsian warga yang belum bisa ditembus kendaraan roda dua dan roda empat.

Rantau menjelaskan apabila tim itu menemukan lokasi pengungsian warga, tim bakal langsung melaporkan ke posko Brimob atau Posko Induk Polda Jawa Barat untuk ditindaklanjuti dengan cara penyelamatan warga.

“Jadi kami mengirim tim kecil ini menggunakan alat transportasi helikopter dari Polairud di mana tim drone Brimob tersebut juga telah membawa perlengkapan drone untuk mencari kemungkinan adanya shelter-shelter warga,” tutur Rantau di Cianjur, Sabtu (26/11/2022), dilansir dari laman Polres Metro Bekasi.

Rantau optimistis tim tersebut bisa memberikan berbagai informasi yang lebih akurat dalam proses pencarian. Pasalnya, penggunaan helikopter dan drone bisa lebih efisien dan efektif dalam mencari shelter warga.

Adapun data dari laporan yang diterima Tim SAR Satlat Brimob, dari 37 lokasi terisolasi hingga hari ini tersisa tiga lokasi, yaitu Kampung Kadugede, Pasirmanggu, dan Pasartunagan.

Menurut Rantau, tim drone tersebut bakal terus mencari lokasi pengungsian warga terisolasi selama satu minggu ke depan yang difasilitasi oleh Polairud.

“Kita sudah membawa bekal untuk 6 hari perjalanan,” ujarnya.

Selain itu, Rantau juga bakal mencari informasi tentang desa yang terisolasi tersebut baik melalui informasi lisan warga setempat maupun informasi yang beredar di media massa dan media sosial.

Baca Juga :  Jemaah Haji Resiko Tinggi Perlu Strategi Saat Sa'i

“Nah, nanti media itu bakal kita saring lagi semua informasinya,” tuturnya. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pemkot Bandung Usul 'Green Infrastructure' Pembangunan Fly Over Nurtanio

Ming Nov 27 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | KOTA BANDUNG – Rencana pembangunan fly over Nurtanio yang membentang dari Jalan Nurtanio hingga Jalan Abdurahman Saleh sepanjang 550 meter, akan digarap Agustus 2023. Pembangunan ditargetkan selesai pada April 2024. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, fly over ini menjadi salah satu alternatif pemecah kemacetan […]