PON XX/2021 PAPUA : Pertahankan Gelar di Luar Kandang, Kontingen Jawa Barat Dipastikan Juara Umum

Editor :
Jawa Barat Raih Emas Voli Putra dan Putri PON XX PAPUA. Pemain Voli Putra dan Putri Jawa Barat, meraih medali emas pada gelaran Voli Putri PON XX PAPUA di GOR Voli Indoor Koya Koso, Jayapura, Papua, Selasa (12/10/2021). Jawa Barat menang dengan skor 25-16, 25-14, dan 25-18. Foto: PB PON XX PAPUA./koni jabar/muhamad solihin

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | PAPUA – Meski belum ditentukan siapa yang dinobatkan sebagai juara umum PON XX/2021 namun bila melihat penghitungan awal dengan 124 medali emas saja Jawa Barat sudah bisa meraih juara umum. Padahal, sampai Kamis (14/10/2021) siang ini, posisi Jawa Barat bertenger di puncak dengan raihan dengan 126 emas, 97 perak dan 115 perunggu.

Taekwondo menyumbangkan 9 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Dayung lebih fantastis lagi, meraup 20 keping emas, 9 perak, 7 perunggu.

Menembak, 11 emas, 2 perak, 6 perunggu. Pencal Silat, 6 emas, 5 perak, 3 perunggu. Catur, 6 emas, 3 perak, 2 perunggu. Gantole, 3 emas, 1 perak, 3 perunggu. Angkat Besi 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Keberhasilan ini tenth tidak lepas dari konsistensi serta peran KONI Jawa Barat sebagai leader dalam mempersiapkan kontingen menuju PON XX.

Sebelumnya, gelar yang sama dipersembahkan KONI untuk Jawa Barat pada PON XIX/2016 lalu dimana pada PON lima tahun sebelumnya itu bukan saja merebut juara umum, tetapi menjadi daerah tersubur dalam mendulang medali emas PON XIX/2016 hingga 217 keping dan prestasi ini pun dicatat Jaya Suprana di Museum Rekor MURI

Jumlah perolehan itu pun belum termasuk cabang cabang olahraga yang masih menjalani pertandingan terakhirnya seperti, renang, karate, biliar, angkat berat dan bola tangan.

“Alhamdulillah, secara data kita sudah tidak mungkin terkejar oleh Jatim. Jabar Kahiji, Jabar Juara Umum pasti akan kita raih,” ujar Ketua Bidang Pusat Pengolahan Data KONI Jawa Barat, Gunaryo dalam komentarnya di Tim Laporan PON XX, Kamis (14/10/2021).

Jadi Sejarah

Perhelatan PON XX/2021 di Papua menjadi sejarah tersendiri bagi Kontingen Jawa Barat. Bagi Tatar Pasundan adalah pertama kalinya meraih gelar juara umum dalam status bukan sebagai tuan rumah setelah PON digelar di luar Ibu Kota Jakarta sejak tahun 2000 silam.

Baca Juga :  Polresta Bandung dan Bhayangkari Berikan Bantuan kepada Korban Kebakaran Cicalengka

Sejarah lainnya yang dapat dicatat kontingen Jawa Barat di PON XX/2021 Papua adalah mampu meraih gelar dua kali berturut-turut alias mempertahankan juara.

Selama ini, gelar juara kerap didominasi DKI Jakarta. Namun di PON tahun ini, DKI justru tersungkur di bawah Jawa Barat. Ternyata, butuh 20 tahun bagi Jawa Barat untuk menenggelamkan dominasi DKI Jakarta di arena PON sejak digelar di luar Jakarta pada tahun 2000 itu.

Sejarah menarik lainnya adalah peran KONI Jawa Barat dalam mempersiapkan kontingen dalam hal ini cabang olahraga dengan para atlet andalannya. Pada PON XX/2021, sembilan cabang olahraga menjadi juara umum.

Padahal, prediksi sebelumnya hanya dua cabang olahraga yakni dayung dan taekwondo. Namun diluar dugaan sukses tersebut diikuti cabang olahraga lain seperti, Menembak, Pencak Silat, Catur, Gantole dan Angkat Besi.

Sementara dua cabang olahraga permainan voli indoor dan hoki indoor berhasil mengawinkan gelar putera dan puteri. Cabang olahraga taekwondo dan dayung melampui dari target yang dicanangkan. @mpa/koni

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kang DS Ingatkan, Sektor Pertanian Kab. Bandung Menjadi Prioritasnya

Kam Okt 14 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Pemkab Bandung mendistribusikan alat dan mesin pertanian (alsintan) kepada para petani. Alsintan yang terdiri dari 10 unit power tresher, 19 unit traktor roda 2, 3 unit traktor roda 2, 9 unit pompa air, 3 unit cultivator dan 51 unit handsprayer tersebut, merupakan bantuan dari Kementerian […]