PP MUKISI: Animo Masyarakat Terkait Rumah Sakit Syariah Cukup Menggembirakan

Editor Menggembirakan, animo masyarakat terkait rumah sakit syariah./via mui.or.id/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Perkembangan rumah sakit syariah di Indonesia mendapatkan sambutan baik dari masyarakat luas.

Hal ini disampaikan oleh Pengurus Pusat Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (PP MUKISI) yang juga menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Sari Asih, Serang, Dr. Yahmin Setiawan, MARS., dalam Workshop Pra Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting), Dewan Pengawas Syariah, Rumah Sakit Syariah, Penerbit Uang Elektronik, dan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah” di Hotel Balairung, Jakarta, Rabu (26/09/2022).

“Animo masyarakat terkait rumah sakit syariah di Indonesia cukup menggembirakan. Tak hanya masyarakat, kami selaku komunitas rumah sakit turut senang dengan adanya sertifikasi rumah sakit syariah ini,” tutur Yahmin dilansir dari laman resmi MUI pusat.

Terkait sertifikasi rumah sakit syariah, Yahmin menyebut bahwa pihak MUKISI mengacu pada fatwa nomor 107 tahun 2016 yang ditetapkan oleh DSN-MUI tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit berdasarkan Prinsip Syariah.

Menurut Yahmin, pertumbuhan rumah sakit yang telah tersertifikasi syariah hingga tahun 2022 telah mencapai 72 rumah sakit syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

“Kami berharap mudah-mudahan semakin banyak rumah sakit syariah ke depannya. Karena berdasarkan data kami, rumah sakit syariah baru mencapai 5% dari keseluruhan rumah sakit yang ada di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Yahmin juga menjelaskan terdapat 201 elemen penilaian yang digunakan oleh MUKISI sebagai proses sertifikasi Rumah Sakit Syariah.

Penilaian tersebut turut menyasar kepada keramahan dan komunikasi pelayanan rumah sakit terhadap pasien.

Hal ini dilakukan agar masyarakat merasakan langsung pelayanan yang optimal, terutama kaitannya dengan ibadah muamalah ketika beriktiar melakukan pengobatan di rumah sakit. @fen

Baca Juga :  MUI Dorong Fatwa Muamalah Medsos Jadi Panduan Era Digital

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

"Launching" Peringatan Hari Santri 2022 Digelar di UIN KH Abdurrahman Wahid

Sel Sep 27 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Kementerian Agama kembali akan menggelar serangkaian peringatan Hari Santri. Tahun ini, launching peringatan Hari Santri akan digelar di kampus Universitas Islam Negeri (UIN) KH Abdurrahman Wahid. Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, salah satu peristiwa paling bersejarah tentang peran dan kontribusi kaum santri bagi […]