PPKM Resmi Diperpanjang, Anak Usia Dibawah 12 Tahun Diizinkan Masuk Mal

Editor Ilustrasi mal. /liputan6.com
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Pemerintah kembali memperpanjang masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level di Jawa dan Bali mulai Selasa (21/9/2021) sampai dengan 4 Oktober 2021.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi sekaligus Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, melalui YouTube pada Senin (20/9/2021).

Dikatakan Luhut, dalam masa perpanjangan kali ini, pemerintah akan melakukan uji coba pembukaan mal dan pusat perbelanjaan untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun.

“Akan dilakukan uji coba pembukaan mal untuk anak-anak di kurang dari usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orang tua,” kata Luhut dalam konferensi pers.

Kendal Industrial Park
Luhut menjelaskan, uji coba penerapan kebijakan pembukaan mal untuk anak-anak dilakukan di lima kota. Kelima kota itu meliputi Semarang, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bandung.

Berdasarkan hasil evaluasi, seluruh daerah di Jawa dan Bali telah mengalami penurunan status pembatasan mobilisasi dari level 4 menjadi level 3 atau 2.

Penurunan level ini mengacu pada berbagai indikator seperti angka kasus aktif Covid-19, penambahan konfirmasi kasus harian, tingkat bed occupancy rate atau BOR rumah sakit, hingga tingkat kematian.

Mengacu pada hasil penurunan tren penyebaran Covid-19, pemerintah melakukan sejumlah penyesuaian. Selain pembukaan mal untuk anak-anak, Luhut mengatakan pemerintah mengizinkan warga dari zona kuning mengunjungi bioskop. Sebelumnya pengunjung bioskop dibatasi hanya yang berasal dari daerah dengan kategori hijau.

Sedangkan bioskop di mal telah beroperasi sejak pekan lalu dengan maksimal kapasitas 50 persen. Tak hanya pelonggaran pada bioskop, restoran yang berada di luar ruangan atau outdoor kini dapat beroperasi dengan maksimal kapasitas pengunjung 50 persen. @mpa/industry

Baca Juga :  Pupuk Kujang Cikampek Raih Penghargaan Proper Emas

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Serahkan Bantuan, Presiden Jokowi Minta Perawatan Verawaty Terjamin

Sel Sep 21 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Legenda bulu tangkis Indonesia Verawaty Wiharjo atau dikenal dengan Verawaty Fajrin tengah dirawat di Rumah Sakit Dharmais Jakarta karena menderita penyakit kanker paru-paru. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan sebesar Rp100 juta kepada Verawaty yang disampaikan langsung oleh Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, di RS […]