Prabowo-Gibran Unggul Jauh di Survei LSI Denny JA, Pilpres 2024 Bisa Satu Putaran

Editor Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka semakin mendekati kemenangan di Pilpres 2024. Berdasarkan hasil survei terbaru LSI Denny JA, elektabilitas Prabowo-Gibran sudah mencapai 50,7 persen, melewati angka kritis untuk menang di satu putaran.

Survei yang dilakukan pada tanggal 16-26 Januari 2024 ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan kuesioner kepada 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error survei ini sebesar 2,9 persen. Responden diminta memilih salah satu dari tiga pasangan calon yang ada di kertas suara.

Hasilnya, Prabowo-Gibran unggul jauh dari dua pasangan lainnya. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan elektabilitas 22 persen, sedangkan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di posisi ketiga dengan 19,7 persen. Sebanyak 6,9 persen responden belum memutuskan, rahasia, tidak tahu, atau tidak menjawab. Adapun suara tidak sah sebesar 0,7 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, mengatakan bahwa ini adalah kali pertama Prabowo-Gibran mencapai angka di atas 50 persen dalam survei mereka. Sebelumnya, pasangan ini masih berkutat di angka 40-an persen. Adjie menilai bahwa Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan tren positifnya sejak November 2023.

“Jika Prabowo-Gibran berhasil mempertahankan tren positifnya, Pilpres 2024 semakin terbuka selesai satu putaran karena dengan (ME, plus minus), Prabowo-Gibran kini di angka 47,8 persen (minus ME) sampai dengan 53,6 persen (Plus ME),” kata Adjie dalam rilis hasil survei, Selasa (30/1/2024).

Sementara itu, pasangan Anies-Muhaimin dan pasangan Ganjar-Mahfud saling bersaing ketat di posisi kedua dan ketiga. Kedua pasangan ini memiliki elektabilitas yang tidak jauh berbeda dalam lima survei terakhir LSI Denny JA. Namun, selisih mereka dengan Prabowo-Gibran semakin melebar.

Baca Juga :  ThinkPad™ Z Series Membawa Tampilan Baru dengan Bahan Daur Ulang

“Saat ini tersisa dua minggu menjelang pemilihan. Jika berhasil mempertahankan tren yang didapat, maka Prabowo-Gibran di ambang menang satu putaran saja,” ujar Adjie.

Selain survei dengan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisis dengan metode kualitatif, seperti analisis media, in-depth interview, expert judgement, dan focus group discussion. Survei ini bertujuan untuk menggali dinamika politik menjelang Pilpres 2024.

@mpa

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

OCBC Indonesia Tutup Tahun Finansial 2023 dengan Peningkatan Laba Bersih Sebesar 23%

Sel Jan 30 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC Indonesia), hari ini mengumumkan bahwa Bank menutup tahun 2023 dengan kinerja yang solid. Hal tersebut tercermin dari laba bersih Bank yang mencapai Rp4,1 triliun, meningkat 23% dibandingkan Rp3,3 triliun pada tahun lalu. Selain itu, rasio kecukupan modal atau CAR […]