Prabowo Ungguli Ganjar di Basis NU, Ini Alasan Warga Nahdliyin Pindah Haluan

Editor Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. /visi.news/ist
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan adanya pergeseran dukungan warga Nahdlatul Ulama (NU) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Jika sebelumnya warga NU lebih condong mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, kini mereka beralih ke pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Survei SMRC yang dirilis pada 4 Januari 2024 melalui akun YouTube SMRC TV mengungkapkan bahwa 46 persen warga NU memilih Prabowo-Gibran, sementara 30 persen memilih Ganjar-Mahfud, dan 12 persen memilih Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Survei ini melibatkan 4.540 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2 persen.

Menurut Saiful Mujani, direktur eksekutif SMRC, ada beberapa alasan yang mendorong warga NU untuk pindah dukungan ke Prabowo-Gibran. Pertama, Prabowo dianggap sebagai sosok yang berpengalaman, tegas, dan berwibawa dalam bidang politik dan pertahanan. Kedua, Gibran dinilai sebagai anak muda yang cerdas, berprestasi, dan memiliki visi yang jelas untuk masa depan Indonesia. Ketiga, Prabowo-Gibran memiliki program-program yang sesuai dengan aspirasi dan kepentingan warga NU, seperti peningkatan kesejahteraan, pendidikan, kesehatan, dan keagamaan.

Sementara itu, pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin tidak mampu menarik simpati warga NU. Ganjar-Mahfud dianggap kurang memiliki daya tarik dan karisma, serta kurang responsif terhadap isu-isu yang berkaitan dengan NU. Anies-Muhaimin juga dianggap kurang kredibel dan konsisten, serta terlalu banyak bermain politik. Meskipun Muhaimin berasal dari NU, ia tidak bisa memberikan pengaruh yang signifikan bagi warga Nahdliyin.

Hasil survei SMRC ini berbeda dengan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga yang sama setahun sebelumnya, di mana Ganjar Pranowo unggul di basis NU dengan persentase 42 persen, diikuti oleh Prabowo-Gibran dengan 32 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 14 persen. Hal ini menunjukkan adanya dinamika dan perubahan preferensi politik warga NU menjelang Pilpres 2024.

Baca Juga :  MG Motor Indonesia Melangkah Tegas Menuju Era Elektrifikasi yang Akan Mengubah Segalanya

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Mata Air Cipondok Tempat Wisata Favorit Warga Subang Porak Poranda Terkena Longsor

Sen Jan 8 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SUBANG – Wisata mata air Cipondok atau yang lebih dikenal dengan Sumber Aqua di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang, mengalami longsor besar pada Minggu sore (7/1/2024). Longsor tersebut diduga akibat intensitas hujan yang tinggi di wilayah tersebut. Video Longsor Viral di Media Sosial Beberapa video yang menunjukkan detik-detik […]