Presiden FIFA : Kami Hadir untuk Tinggal di Indonesia

Editor Presiden Joko Widodo dan Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (18/10/2022)./antara/gilang galiartha/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | JAKARTA – Presiden Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino menyebut pihaknya hadir di Indonesia untuk tinggal dan membantu sepak bola Tanah Air.

“Saya dapat memberikan jaminan kepada Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia bahwa FIFA hadir di sini untuk kalian semua, FIFA hadir untuk tinggal di sini, FIFA hadir di sini untuk bekerja sama dengan pemerintah, federasi sepak bola Asia dan federasi sepak bola Indonesia untuk mentransformasi dan mereformasi sepak bola,” kata Gianni Infantino di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (18/10), diansir dari antaranews.com.

Presiden Joko Widodo bertemu empat mata dengan Presiden FIFA Gianni Infantino selama 30 menit. Selanjutnya Infantino dan Presiden Jokowi berdiskusi soal sepak bola nasional dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir selama 1,5 jam.

Kedatangan Infantino ke Indonesia adalah tindak lanjut atas suratnya kepada Presiden Jokowi yang disampaikan melalui Erick Thohir berkenaan dengan rencana besar transformasi sepak bola Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan, Malang pada 1 Oktober lalu.

“Karena sepak bola itu mendatangkan kebahagiaan dan kegembiraan,” tambah Infantino.

Ia pun menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban tragedi Kanjuruhan.

“Topik pertama yang dibicarakan dalam pertemuan tadi adalah saya menyampaikan belasungkawa melalui Presiden Jokowi kepada keluarga korban tragedi di Malang. Sungguh dukacita mendalam bukan hanya dari FIFA tapi juga dari seluruh dunia,” kata Infantino.

Infantino menyebut tragedi Kanjuruhan menyebabkan dunia terkejut.

“Kejadian itu adalah hari terkelam bagi dunia sepak bola, kami bersama dengan Presiden Jokowi merasakan duka keluarga korban tragedi,” kata Infantino menegaskan.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyebut FIFA berdiskusi mengenai empat hal yaitu manajemen stadion, manajemen keamanan, manajemen pertandingan dan manajemen suporter.

Baca Juga :  Desmond J Mahesa Alami Sesak Nafas Sebelum Meninggal, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

“Kami bersepakat tadi transformasi persepakbolaan Indonesia akan dimulai bersama-sama dengan FIFA dan FIFA akan berkantor di Indonesia sampai semuanya berjalan dengan baik,” kata Presiden Jokowi.

Tidak ketinggalan Infantino juga memberikan “banner” FIFA, bola Piala Dunia 2022 Qatar bertuliskan “Joko Widodo” dan “jersey” FIFA berwarna merah dengan nama “Jokowi” dan angka 1 di bagian belakang.

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai pertandingan Liga 1 Indonesia antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, 1 Oktober.

Menurut laporan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diserahkan kepada Presiden Jokowi pada Jumat (14/10), Tragedi Kanjuruhan menimbulkan sedikitnya 132 korban jiwa, 96 korban luka berat, dan 484 lainnya luka sedang serta ringan. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Aplikasi e-Penting Mempermudah Pendataan Stunting Di Bandung

Rab Okt 19 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Ahmad Hidayat menyebutkan aplikasi e-Penting (Elektronik Pencatatan Stunting) sebagai media untuk mempermudah pendataan stunting. Aplikasi tersebut, sesuai dengan pelaksaan konvergensi percepatan penurunan stunting pada aksi enam yaitu sistem manajemen data dan menjawab tantangan atas permasalahan data stunting. “Dalam e-Penting itu, […]