Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House di BPPT

Editor Peresmian Indonesia Digital Test House (IDTH) Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi di Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5/2024). /visi.news/humas setkab
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | DEPOK – Presiden Joko Widodo meresmikan Indonesia Digital Test House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT), Kota Depok. IDTH, yang berdiri megah di atas lahan seluas 22.723 meter persegi, menjadi simbol kemajuan teknologi nasional dengan fasilitas pengujian yang menggunakan teknologi terkini dan dioperasikan oleh para profesional di bidang pengujian dan kalibrasi.

Fasilitas ini dirancang untuk menguji alat dan perangkat telekomunikasi, termasuk telepon seluler 4G dan 5G, memastikan mereka memenuhi standar keamanan dan kualitas internasional sebelum memasuki pasar Indonesia. Dengan peralatan canggih dan sebagai laboratorium terlengkap di Asia Tenggara, IDTH diharapkan menjadi laboratorium rujukan internasional untuk pengujian perangkat telekomunikasi.

Presiden Jokowi menekankan pentingnya Indonesia untuk tidak hanya menjadi penonton dalam industri teknologi global yang berkembang pesat. Kunjungan CEO Apple Tim Cook dan CEO Microsoft Satya Nadella ke Indonesia menjadi momentum bagi bangsa untuk menjadi produsen, bukan hanya pasar.

Dengan nilai defisit perdagangan sektor teknologi hampir 2,1 miliar dollar AS, Presiden Jokowi menyoroti dominasi barang impor dalam perangkat teknologi dan alat komunikasi yang digunakan di Indonesia. Beliau menyampaikan data yang menunjukkan dominasi permohonan uji perangkat impor, terutama dari China, dan menyerukan peningkatan kapasitas industri teknologi lokal.

Presiden Jokowi berharap IDTH dapat mendorong inovasi dan memperkuat ekosistem teknologi digital lokal, serta menjadi pusat R&D yang menggandeng perguruan tinggi, startup, dan UMKM. Tujuannya adalah untuk mendukung pengembangan pengujian dan sertifikasi produk lokal agar dapat bersaing di pasar global.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin, mendampingi Presiden dalam peresmian ini, menandai langkah penting bagi Indonesia dalam menjadi pemain kunci dalam rantai pasok teknologi global.

Baca Juga :  3 Tenaga Medis Positif, 6 Poliklinik RSUD Kota Tasikmalaya Ditutup

“Digitalisasi menjadi basis bagi pengembangan industri dan ekonomi dalam negeri dengan menempatkan produsen lokal menjadi raja di negeri sendiri,” tutup Presiden Jokowi.

Dengan IDTH, Indonesia bergerak maju menuju masa depan digital yang lebih mandiri dan inovatif.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bandung Week Market, Saat 20 Pelaku Usaha 'Unjuk Gigi' di Bali

Rab Mei 8 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BALI – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kota Bandung, Hikmat Ginanjar mendorong Bandung Week Market sebagai ajang naik kelas bagi pelaku usaha di Kota Bandung. Menurutnya, kegiatan ini merupakan misi dagang bagi produk ekspor unggulan Kota Bandung yang ada di bawah naungan Pemkot Bandung. Seperti diketahui, Dinas Perdagangan […]