Presiden Jokowi Resmikan Terminal Leuwipanjang dan Banjar, Dorong Masyarakat Gunakan Transportasi Umum

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan dua terminal bus tipe A yang telah direvitalisasi, yaitu Terminal Leuwipanjang di Kota Bandung dan Terminal Banjar di Kota Banjar, Jawa Barat, pada Sabtu, 3 Februari 2024. Peresmian dilakukan secara daring dari Terminal Leuwipanjang, yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliyono, dan para pejabat daerah lainnya.

Jokowi mengatakan, revitalisasi kedua terminal ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi umum, yang dapat mengurangi kemacetan di jalan. “Terminal Leuwipanjang ini sekarang terlihat biasanya banyak preman kotor dan lain sebagainya, sekarang keren. Ini akan menjadi pendorong untuk masyarakat menggunakan transportasi umum dan meningkatkan konektivitas Bandung serta Banjar untuk ke berbagai kota,” ujar Jokowi.

Menurut data Kementerian Perhubungan, Terminal Leuwipanjang memiliki luas lahan 5,8 hektare dan mampu menampung 1.200 bus per hari. Revitalisasi terminal ini menghabiskan biaya sekitar Rp 80 miliar dan mulai beroperasi sejak tahun 2022. Terminal ini dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tunggu, mushola, toilet, kantin, ATM, minimarket, dan klinik kesehatan.

Sementara itu, Terminal Banjar memiliki luas lahan 3,5 hektare dan mampu menampung 600 bus per hari. Revitalisasi terminal ini menghabiskan biaya sekitar Rp 67 miliar dan telah rampung sejak April 2023. Terminal ini juga memiliki fasilitas serupa dengan Terminal Leuwipanjang, serta dilengkapi dengan sistem informasi penumpang dan pengawasan CCTV.

Jokowi berharap, hadirnya Terminal Leuwipanjang dan Terminal Banjar dengan tampilan yang baru ini bisa memudahkan mobilitas masyarakat di Jawa Barat, khususnya di wilayah Bandung Raya dan Priangan Timur. Ia juga mengapresiasi kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah dalam merevitalisasi terminal-terminal tersebut.

Baca Juga :  Menelusuri Jejak Langkah Hijrah Rasulullah Saw. (2)

Setelah meresmikan Terminal Leuwipanjang dan Banjar, Jokowi melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Bandung, untuk menghadiri acara silaturahmi dengan nasabah Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera dan menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat.

@uli

 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Jokowi Sebut Perputaran Uang Program PNM Mekaar Capai Rp 244 Triliun dan 15,2 Juta Nasabah

Sab Feb 3 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Presiden Joko Widodo turut mengapresiasi perputaran uang yang dikelola melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Binaan Permodalan Nasional Madani (PNM) yang langsung melompat signifkan. “Perputaran uang dari yang dulu Rp 800 miliar dalam delapan tahun sudah melompat menjadi Rp 244 triliun. Ini sebuah jumlah […]