PSSI Tegaskan Liga 1 2021 Digelar Tanpa Penonton, Nobar pun Dilarang

Editor Rapat koordinasi./via kompas.com/ist.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Ketua Umum PSSI,Mochamad Iriawan, menegaskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 mendatang akan digelar tanpa penonton.

Rencana tersebut berkaitan erat dengan penerapan protokol kesehatan ketat dalam perhelatan ajang kompetisi sepak bola nasional tersebut nantinya.

Pernyataan tersebut disampaikan Iriawan, usai Rapat koordinasi terkait rencana penyelenggaraan kompetisi bersama Kementerian Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora), Polri, dan Satgas Penanganan Covid-19 pada Rabu (10/2/2021) sore di Jakarta.

“Ada catatan dalam rakor tersebut berkaitan dengan kehadiran suporter, kami telah berulang kali menyampaikan kepada suporter bahwa kompetisi berjalan tanpa penonton,” ujar Iriawan, seperti dilansir kompas.com.

“Begitu juga adanya larangan untuk membuat kerumunan termasuk mengadakan acara nonton bareng (nobar) karena bisa berujung pada sanksi maupun evaluasi terkait izin penyelenggaraan kompetisi,” katanya.

Menpora RI, Zainudin Amali, juga menegaskan konsekuensi nyata apabila para pendukung termasuk kelompok suporter tetap nekat menyelenggarakan acara yang berujung pada terciptanya kerumunan.

“Nantinya kita akan menjelaskan cara serta mekanismenya lebih lanjut, kalau ada yang melanggar sanksinya berat,” ujar Menpora.

Dalam rapat koordinasi yang mengambil tempat di Gedung Kementerian Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) itu PSSI berkesempatan memaparkan konsep penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim depan.

Pertemuan ini menjadi tahap awal dari proses penerbitan izin perhelatan kompetisi sepak bola nasional dalam waktu dekat.

Roda kompetisi sepak bola nasional sendiri, baik Liga 1 maupun Liga 2, telag terhenti sejak Maret 2020 karena muncul pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kemudian, PSSI baru memutuskan pembatalan kompetisi musim 2020 sekaligus meniadakan gelar juara maupun sistem promosi-degradasi, melalui rapat bersama dengan PT.LIB pada Januari lalu.

Belakangan, wacana untuk kembali menggelar kompetisi nasional musim 2021 muncul seiring pernyataan dari Baintelkam Polri, Kombes Budi Sajidin.

Baca Juga :  Draf RUU KUHP: Menghina Presiden di Medsos Bisa Dipidana 4,5 Tahun

Budi, dalam kesempatan jumpa pers yang diselenggarakan SIWO Pusat pada 3 Februari 2021, menyebut lembaganya bersiap memberi izin kepada penyelenggara kompetisi.

Setelahnya, titik terang bergulirnya kembali ajang Liga 1 dan Liga 2 semakin terlihat dengan niatan Menpora untuk melakukan mediasi dengan Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo pada pekan lalu. @fen

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pendiri Pasar Muamalah Depok Zaim Saidi Minta Maaf

Kam Feb 11 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Pendiri Pasar Muamalah Depok, Zaim Saidimengirimkan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia atas kasus yang tengah menjeratnya. Permohonan maaf itu dituliskan Zaim melalui sebuah surat. Kuasa hukum Zaim, Ali Wardi menyampaikan permintaan maaf itu lantaran pasar Muamalah yang didirikannya itu dianggap meresahkan masyarakat luas. Sebaliknya, Zaim tidak ingin membuat masyarakat menjadi […]