Puluhan Armada Rusak, Sampah Menggunung di Kabupaten Bandung

Editor Truk sampah di Kabupaten Bandung. /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |BANDUNG – Sebanyak 1.300 ton per hari, keberadaan sampah menggunung di Kabupaten Bandung, rusaknya puluhan armada pengangkut sampah menjadi salah satu kendala kurang optimalnya penanganan sampah selama ini.

Salah seorang perangkat Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Pertama Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Bandung, Wahyu Budiantoro mengatakan, saat ini armada yang masih beroperasional sekitar 70 unit.

“Sebetulnya ada 114 unit atau armada pengangkut sampah selama ini, namun sekitar 70 an armada yang masih aktip, sisanya rusak sedang hingga berat, sehingga pelayanan kurang optimal,” katanya.

Ditemui VISI.NEWS di Kantor Dinas LH Kabupaten Bandung, Kamis (4/8/22), Wahyu menjelaskan, pelayan kurang optimal dimaksud mengingat jumlah wilayah yang begitu luas hingga ke pelosok-pelosok bahkan mendekati kawasan kepegunungan.

“Karena jumlah armada pengangkut sampahnya saat ini terbilang terbatas, aktivitas angkutan sampah menjadi terbatas juga, sehingga kepolosok-pelosok atau kawasan pegunungan kurang tersentuh,” jelasnya.

Adapun keberadaan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kabupaten Bandung, Wahyu Mengungkapkan, ada sebanyak 137 TPS dengan prinsip 3R (Rause, Reduce, dan Recycle) dimana sampah dapat dilakukan penataan.

“Dengan 3R maka sampah bisa diurai untuk kembali digunakan, mengurangi munculnya sampah, dan mengolah kembali sampah, sehingga jumlah sampah rumah tangga atau industri dapat ditekan,” ungkapnya.

Diharpakan dalam penanganan sampah ini, masyarakat bisa ikut berperan dalam penanganannya, sehingga keberadaan sampah ini bukan kemudian menjadi tugas pemerintah saja akan tetapi sudah menjadi tugas bersama.

“Ini sih statement saya peribadi ya, masalah sampah itu jangan mengeluh ini itu pemerintah gimana dan seterusnya, akan tetapi harus berperan aktip secara bersama-sama ntuk turut mengelola atau menangani,” pungkasnya.@gus/eko

Baca Juga :  Picu Obesitas pada Anak, Spanyol Larang Iklan Cokelat dan Makanan Manis

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Wahyu Budiantoro : Bank Sampah Salah Satu Solusi di Kabupaten Bandung

Jum Agu 5 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Sebagai bentuk upaya dalam melakukan penanganan sampah di Kabupaten Bandung, berbagai program terus digencerkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) salah satunya yaitu pengelolaan bank sampah. Salah seorang perangkat Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Pengendalian Dampak Lingkungan Ahli Pertama Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten […]