Ramadan 2022, Australia Melihat Hilal, Arab Saudi Masih Mencari

Editor Rukyat Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama /nu.or.id/lf pbnu
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | AUSTRALIA – Mengingat perbedaan waktu, berikut negara-negara seperti Australia yang telah mengumumkan hari pertama bulan suci Ramadan tahun ini sementara Arab Saudi mencari hilal.

Tanggal awal Ramadan, juga dikenal sebagai Ramazan atau Ramzan, berubah setiap tahun karena kalender Islam didasarkan pada siklus bulan sehingga tanggal mulai dan berakhirnya tergantung pada penampakan hilal. Tahun ini, 1 Ramadan 1443 H di India diperkirakan dimulai pada malam 2 April dengan tergantung pada penampakan hilal.

Biasanya, hilal atau bulan sabit Ramadan pertama kali terlihat di Arab Saudi dan beberapa bagian India bersama dengan beberapa negara Barat dan kemudian biasanya sehari kemudian di seluruh India, Pakistan, Bangladesh dan negara-negara lainnya. Di banyak negara, sudah saatnya umat Islam di seluruh dunia bersiap-siap untuk melihat hilal Ramadan 2022 malam ini.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, yang berlangsung selama 720 jam yaitu empat minggu dan dua hari di mana umat Islam berpuasa antara fajar dan matahari terbenam, berdoa untuk perdamaian dan bimbingan, memberikan kembali kepada masyarakat dalam bentuk amal atau zakat atau terlibat dalam kegiatan kemanusiaan seperti memberi makan orang yang kurang mampu dan introspeksi untuk mencerahkan jiwa mereka.

Hilal Terlihat di Australia

Menyusul pengumuman Mufti Besar Australia dan berkonsultasi dengan para imam SA, Dewan Imam Australia Selatan baru-baru ini mengumumkan bahwa hari pertama Ramadan akan jatuh pada Sabtu (2/4/2022) dan mengucapkan selamat kepada semua Muslim di Australia dan di seluruh dunia, di bulan yang penuh berkah dan spiritual ini.

Hilal Tak Terlihat di Malaysia dan Indonesia

Sesuai pengumuman terbaru yang dilaporkan, hari pertama bulan suci Ramadan akan jatuh pada 3 April di Malaysia dan Indonesia.

Baca Juga :  Peringati HUT Ke-60 HBA dan HUT ke-27 IAD, Kejari Garut Gelar Baksos

Hilal Tak Terlihat di Kesultanan Brunei

Sesuai Khaleej Times, Kesultanan Brunei baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa bulan sabit untuk Ramadan 2022 tidak terlihat di sana pada hari Jumat, maka, bulan suci akan dimulai pada Minggu, 3 April, sedangkan Sabtu, 2 April, akan menjadi tanggal 30 atau hari terakhir bulan Syaban.

Tradisi Buka Puasa di Seluruh Dunia

Ramadhan 2022: Secara tradisional, buka puasa dimulai dengan kurma dan air, yang mengarah ke hidangan berbuka puasa khusus yang terdiri dari hidangan vegetarian dan non-vegetarian. Mesir merayakan Iftar dengan lentera warna-warni, sementara di Pakistan, orang mengunjungi bazaar lokal untuk perayaan chaand raat. Di India, orang merayakan Iftar dengan kurma, buah segar dan jus buah, diikuti dengan makanan yang digoreng seperti pakodas dan samosa. Klik di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang tradisi buka puasa di seluruh dunia.

Tempat Resmi Penampakan Hilal di Arab Saudi

Ketika Pengadilan Kerajaan Saudi mengadakan pertemuan setelah Maghrib atau salat Jumat ini untuk menganalisis laporan bulan Ramadan 2022, jika ada, pengamatan penampakan bulan sabit yang dilakukan dari Sudair dan Tumair akan menjadi bagian dari keputusan resmi.@mpa/al arabiya

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perkosa Purel, Oknum Satpol PP Nginap di Jeruji Besi

Jum Apr 1 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Kartubi (34) oknum Satpol PP yang dilaporkan ke Polrestabes Surabaya karena memerkosa Purel Karaoke M9 di Jalan Kalirungkut beberapa waktu lalu resmi ditetapkan tersangka dan ditahan oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satresreskrim Polrestabes Surabaya, Rabu (30/03/2022). Kartubi ditangkap di kamar kosnya di Jalan […]