RAMADANAN | Pondok Pesantren Al Basyariah Kota Bandung, Cetak Ribuan Santri Unggul

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Pondok Pesantren Al Basyariah, yang terletak di. Jalan Mahmud Cigondewah Hilir, Rahayu, Kec. Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang menggabungkan nilai-nilai tradisional dengan pendekatan modern.

Didirikan pada tahun 1982 oleh Drs. KH. Saeful Azhar, pesantren ini telah berkembang pesat di atas lahan seluas sekitar 17 hektar dan kini memiliki empat kampus di Bandung.

Pesantren ini mengambil inspirasi dari pendidikan yang diterapkan di Pondok Modern Darussalam Gontor, yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang unik. Di Al Basyariah, santri diajarkan disiplin dan pendidikan yang serupa, termasuk cara berpakaian formal dengan dasi dan jas saat ke masjid.

Kurikulum dan Pendidikan

Kurikulum pendidikan di Al Basyariah adalah TMI (Tarbiyah Mu’allimin al-Islamiyah), yang merupakan perpaduan antara pendidikan diniyah tradisional dengan sistem pembelajaran formal di dalam kelas. Santri di sini mendapatkan pendidikan yang terbagi menjadi empat bidang utama: Kajian Agama Islam, Ilmu Bahasa, Sains dan Teknologi, serta Ilmu Pengetahuan Sosial.

Jenjang Pendidikan

Program pendidikan dibagi menjadi dua jenjang, yaitu:

6 tahun, untuk santri yang memiliki ijazah SD sederajat, yang mencakup 3 tahun MTs dan 3 tahun penjurusan.

4 tahun, untuk santri yang memiliki ijazah SMP sederajat, yang mencakup 1 tahun kelas intensif dan 3 tahun penjurusan.

Penjurusan

Di kelas empat atau kelas 10, santri akan mendapatkan penjurusan ke tiga bidang, yaitu Agama, IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), dan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Program ini dirancang untuk mempersiapkan santri dengan pengetahuan yang luas dan mendalam, baik dalam studi Islam maupun ilmu pengetahuan umum, sehingga mereka dapat berkontribusi secara positif kepada masyarakat dan umat manusia.

Baca Juga :  Jenuh dengan Kemacetan, Pemkab Bandung Usulkan Bangun Fly Over di Bojongsoang .

Keunggulan dan Fasilitas

Salah satu keunggulan dari Pondok Pesantren Al Basyariah adalah penekanannya pada kemahiran berbahasa Arab dan Inggris. Santri di sini dibiasakan untuk menggunakan kedua bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, pesantren ini juga menawarkan berbagai ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan minat dan bakat santri.

Akreditasi dan Pengakuan

Pondok Pesantren Al Basyariah telah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, yang menandakan bahwa lembaga ini telah memenuhi standar nasional pendidikan.

Cara mendaftar

Untuk mendaftar ke Pondok Pesantren Al Basyariah Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi situs web resmi Pondok Pesantren Al Basyariah atau halaman Facebook mereka untuk informasi terkini tentang proses pendaftaran.
  2. Siapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran, seperti fotokopi ijazah terakhir, kartu keluarga, dan pas foto.
  3. Isi formulir pendaftaran yang tersedia online atau yang dapat diambil langsung di kantor pendaftaran pesantren.
  4. Ikuti semua prosedur yang ditetapkan oleh pesantren, termasuk tes masuk dan wawancara, jika ada.
  5. Setelah diterima, lengkapi proses administrasi dan pembayaran biaya masuk sesuai dengan ketentuan pesantren.

Untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal pendaftaran dan persyaratan khusus, Anda bisa menghubungi Pondok Pesantren Al Basyariah melalui nomor telepon yang tersedia di halaman Facebook mereka.

@mpa

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pelaksanaan Salat Jumat Pertama di Masjidil Haram di Bulan Ramadan Berjalan Tertib dan Lancar

Sab Mar 16 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MEKKAH — Masjidil Haram di Makkah pada Jumat (15/33/2024) dipadati jamaah yang dengan tertib melaksanakan salat Jumat pertama Ramadhan. Hal ini menunjukkan upaya gabungan dari otoritas umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta departemen lain untuk mengelola ketertiban jemaah di masjid besar berjalan sesuai rencana. […]