Ratusan Personel Polresta Bandung yang Bertugas di TPS Akan Jalani Swab Test

Editor :
Kapolresta Bandung Kombespol Hendra Kurniawan saat memberikan keterangan kepada wartawan di Mapolresta Bandung, Rabu (2/12/2020) siang./visi.news/yusup supriatna

Silahkan bagikan

VISI.NEWS – Sebanyak 650 personel Polresta Bandung yang akan bertugas melakukan pengamanan di 6.874 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Pilbup Bandung 9 Desember mendatang, akan jalani swab test.

Sebelum menjalankan tugas, ratusan anggota polisi itu akan terlebih dulu mengikuti swab test guna memastikan bebas Covid-19.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, dalam dua hari ke depan, tes tersebut akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

“Petugas kepolisian yang terlibat dalam pengamanan di TPS, kurang lebih 650-an, tanggal 3 dan 4 Desember seluruhnya dilakukan swab test¬†oleh Dinas Kesehatan,” jelas Hendra kepada wartawan seusai giat simulasi di Mapolresta Bandung, Rabu (2/12/2020) siang.

Menurutnya, tes tersebut dimaksudkan untuk memberi rasa aman kepada pemilih yang akan memberikan hak pilihnya pada 9 Desember 2020. Selain itu juga, tes tersebut untuk menjamin kesehatan bagi petugas kepolisian.

Pasalnya dalam Pilkada tahun ini, kata Hendra, yang menjadi prioritas adalah kesehatan. Meski begitu, memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi pemilih merupakan tugas kepolisian dan pelaksana pemilihan.

“Karena pemilihan di tanggal 9 Desember 2020 nanti itu berbeda dengan sebelumnya. Di mana yang lebih diutamakan adalah aspek kesehatannya, tentu tidak juga mengesampingkan keamanan dan kenyamanannya,” tuturnya.

Nantinya, lanjut Hendra, dua petugas keamanan akan disebar di 20 TPS. Mereka pun akan dibantu oleh sejumlah petugas Linmas setempat.

“Jadi ada beberapa pola pengamanan, ada dua petugas untuk 20 TPS dibantu 40 anggota Linmas. Kita bersyukur TPS kita jarak tempuhnya tidak terlalu sulit,” paparnya.

Selain itu, Hendra mengatakan dalam pelaksanaan simulasi yang sudah dilakukan, ada beberapa pedoman yang harus diterapkan oleh petugas. Di mana petugas harus mengetahui prosedur pelaksanaan ketika menemukan kasus gejala Covid-19 di TPS nanti.

“Harapan kita, petugas-petugas yang melakukan pengamanan di TPS, khususnya dari pihak kepolisian, dapat memahami secara benar dan tepat apa yang harus dilakukan terkait dengan proses pengamanan di 9 Desember 2020 ini,” pungkasnya. @yus

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Musdes Sosialisasi Pemekaran Wilayah Kabupaten Bandung Timur

Jum Des 4 , 2020
Silahkan bagikanVISI.NEWS – Berita Acara Persetujuan Pemekaran Wilayah Kabupaten Bandung ditandangani oleh Ketua BPD usai Pengurus Harian Paguyuban Masyarakat Bandung Timur (PMBT) menggelar musdes (musyawarah desa) terkait sosialisasi dan kesepakatan persetujuan DOB (Daerah Otonomi Baru) pemekaran wilayah Kabupaten Bandung di Gedung Serbaguna Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Selasa 1/12/2020).¬† […]