RDS Desa Rancaekekkulon Adakan Penyuluhan Konvergensi Stunting

Para peserta penyuluhan difoto bersama./visi.news/budimantara.
Jangan Lupa Bagikan

VISI.NEWS – RDS (Rumah Desa Sehat) Desa Rancaekekkulon, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, mengadakan penyuluhan konvergensi stunting

Kepala Desa Rancaekekkulon Wawan Kusnawan mengatakan, kegiatan tersebut anggarannya dari dana desa (DD) yang difasilitasi oleh UPT Yankes Kecamatan Rancaekek dan TP Penggerak PKK Kecamatan Rancaekek, bertempat di Kober/PAUD Dzarissalam Babakanloa, Desa Rancaekekkulon, Rabu (15/9).

Menurut Wawan Kusnawan lebih lanjut dalam sambutannya, salah satu implementasi dari undang-undang desa adalah dikucurkannya dana desa. Pertanyaannya sudahkah DD menyentuh semua aspek yang salah satu aspek yang dimaksud adalah pentingnya desa sehat termasuk di dalamnya pencegahan stunting.

Sementara Hena Herlina selaku perwakilan dari UPT Yankes mengatakan bahwa peran Dinas Kesehatan sebagai pengambil kebijakan penanggulangan stunting.
Semua desa agar melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting sebagai forum awal konvergensi stunting. Tahapnya adalah pembentukan Kader Pembangunan Manusia (KPM) yang khusus bertanggung jawab terhadap penanggulangan stunting.

Kemudian adanya sekretariat bersama yang disebut Rumah Desa Sehat (RDS) bertugas dalam pelayanan kesehatan pencegahan dan penanganan stunting di desa. Selanjutnya pemantauan balita 0-23 bulan dan ibu hamil oleh KPM.

Materi selanjutnya disampaikan Ajeng, bidan desa Rancaekekkukon yang berbicara tentang Pengasuhan Anak 1.000 HPK (Hari Pertama Kehidupan). Salah satu programnya adalah BKB (Bina Keluarga Balita). Tujuannya adalah anak cerdas, berkarakter, dan mandiri.

Dia berharap para orangtua selalu memantau dan menganalisis secara dini dan mandiri agar anaknya bisa sehat dan agar bisa diminimalkan terjadinya risiko tumbuh kembang anak, gizi buruk, atau stunting.

Acara antara lain dihadiri oleh Widia Ningrum (Sekretaris TP PKK Kecamatan Rancaekek), Ketua Pendamping Kader Posyandu (PKP) Kecamatan, Ketua TP PKK Desa, Ketua BPD, dan diikuti oleh 20 orang peserta ibu balita, kader, dan remaja. @bud

Fendy Sy Citrawarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

120 Warga di Hari Kedua Operasi Yustisi Terjaring di Soreang

Rab Sep 16 , 2020
Jangan Lupa BagikanVISI.NEWS — Di hari kedua operasi disiplin penerapan protokol kesehatan, di depan Kantor Kecamatan Soreang, Polsek Soreang beserta tim menjaring 120 orang pelanggar, termasuk satu motor bodong yang kasat mata melintas di depan lokasi milik remaja warga sekitar. Kapolsek Soreang, Kompol H. Yana Mulyana, mengatakan, tim sebenarnya hanya […]