REFLEKSI | Akhlak yang Baik

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

RASA-RASANYA belum cukup seseorang bisa dinilai berahlak baik jika parameternya pas ketemu sedang salat, sedang baca quran, memakai baju gamis atau bersorban.

Bahkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad, Rasulullah Saw menjelaskan seorang perempuan yang bukan saja salat wajib  tapi juga salat sunah dikerjakan, puasa wajib dan sunah dilakukan tetapi sering menyakiti tetangganya, tempatnya neraka, sebaliknya seorang perempuan yang ibadahnya biasa saja tetapi lisannya terjaga, tempatnya adalah surga.

Sebenarnya Agama itu adalah akhlak yang baik, seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw. Namun kemudian tema tentang akhlak tidak dianggap  menarik dibandingkan membicarakan siapa yang paling shahih dan siapa yang paling bid’ah. Bahkan tanpa sadar ada orang yang menikmati pertengkaran dari perbedaan salat memakai ushali atau tidak, qunut atau tidak.

Cerita nyata tentang bagaimana Nabi Saw saat memasuki pintu Makkah sebagai pemenang, dan mengatakan kepada yang paling menyakitinya, Abu Sufyan. Nabi Saw berseru kepada penduduk Makkah: “Barangsiapa masuk ke dalam Masjidil Haram, dia akan dilindungi. Barangsiapa masuk ke dalam rumah Abu Sufyan, dia akan dilindungi,” seru Rasulullah. (man dakhola daaro abi sufyaan fahuwa aamin).

Inilah bukti akhlak Nabi Saw, yang hadir ke muka bumi untuk menyempurnakan akhlak manusia. Begitupun kisah seperti ini, bukanlah sekedar sebuah kisah, melainkan untuk jadi contoh bagi umatnya.

Akhirnya ijinkan aku menutup dengan doa :

اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

Allaahummahdinii li-ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wash-rif ‘annii sayyi-ahaa, laa yash-rifu ‘annii sayyi-ahaa illaa anta.”

“Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku kejelekan akhlak, tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”***

Baca Juga :  Muhaimin Iskandar Siap Hadir Kalau Diundang Wapres Ma'ruf Amin

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Selain PKPU, Legislator Minta KPU Buat Juknis terkait Persyaratan Administrasi Caleg

Kam Apr 13 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Anggota Komisi II DPR RI Supriyanto meminta Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk juga membuat dan menerbitkan Petunjuk Teknis (Juknis) mengenai persyaratan administrasi dan dokumen yang harus dipenuhi oleh para calon anggota legislatif, selain PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum). […]