REFLEKSI | Kuasa Allah

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

BERGILIRNYA waktu dari  malam ke siang, siang ke malam. Juga bergilirnya masa kejayaan menjadi kehancuran, keterpurukan menjadi kelapangan, semua itu adalah Kuasa Allah. Bahkan tidak ada sehelai daun pun yang gugur melainkan atas kehendak Nya.  Allah Berkuasa atas segala sesuatu. Allah mampu mengubah segalanya!.

Orang yang hari ini baik, boleh jadi, esok hari ia berubah jadi tidak baik, begitu pun sebaliknya. Orang yang hari ini haramjadah, boleh jadi esok hari ahli sajadah. Orang yang hari ini dihina, boleh jadi, esok hari mulia, sebaliknya orang yang hari ini mulia, boleh jadi, esok hari hina.

Kita diingatkan oleh kisah, ketika Syekh Abdul Qadir al-Jailani bersama murid-muridnya berpapasan dengan seorang pemabuk. Walaupun dengan kondisi mabuk berat, si pemabuk itu memberikan 3 (tiga) pertanyaan kepada Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Pertama: “Ya Syekh, apakah Allah SWT mampu merubah pemabuk sepertiku menjadi ahli ta’at?

Syekh Abdul Qadir al-Jaalani menjawab, “Iya, mampu.”

Kedua: “Apakah Allah SWT mampu merubah ahli ma’siat sepertiku menjadi ahli ta’at setingkat dirimu?”

“Sangat mampu,” jawab Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Ketiga: “Apakah Allah SWT mampu merubah dirimu menjadi ahli ma’siat sepertiku?”

Tanpa menjawab pertanyaan tersebut, Syekh Abdul Qadir al-Jailani menangis dan tersungkur dan bersujud kepada Allah SWT.

Murid-murid Syekh Abdul Qadir al-Jailani kebingungan dan bertanya, “Ada apa wahai Syekh?”

“Betul sekali orang ini. Kapan saja Allah SWT mampu merubah nasib seseorang termasuk diriku. Siapa yang menjamin diriku bernasib baik meninggal dengan husnul khatimah,” kata Syekh Abdul Qadir al-Jailani.

Semoga kisah ini, mengingatkan diriku mungkin juga kamu, untuk selalu memohon pertolongan-Nya sebab tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok.***

Baca Juga :  Garut Masih Tertutup untuk PBM Tatap Muka

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kiprah Guizhou Sebagai "Museum Jembatan"

Jum Mar 10 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | TIONGKOK  – ‘Penghargaan Infrastruktur’ diraih oleh proyek Jembatan Guizhou Pingtang,” kata pembawa acara malam penghargaan “Outstanding Structure Award 2022” yang diadakan International Association for Bridge and Structural Engineering (IABSE). Maka, Yang Jian, Chief Engineer, Guizhou Transportation Planning Survey & Design Academy Co., Ltd., tampak gembira dan bersemangat […]