REFLEKSI | Kuatkan Cinta pada Sesama

Silahkan bagikan

Oleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn.

SETIAP agama, keyakinan, dan kepercayaan yang ada di seluruh pelosok bumi, semuanya mengajarkan semangat kebaikan diri, semangat cinta, mengasihi, kepedulian, dan penghambaan.

Cinta selalu jadi bagian yang paling esensi, baik dalam pergaulan maupun dalam penghambaan.

Keberadaan cinta pada setiap manusia, merupakan esensi dari adanya semangat memuliakan. Baik memuliakan sesama, dengan tidak memandang remeh, rendah, dan memuliakan sang pencipta, yang jelas harus di junjung tinggi kemuliannya oleh semua hambanya di dunia.

Mencintai sesama mahluk, semua mahluk yang ada, pada dasarnya itu semua akan dengan sendirinya kembali pada diri pelakunya, atau kita pelakonnya, akan mengalami pula hal, kita dicintai manusia dan mahluk lainnya.

Yang mencintai, akan menarik pecintanya.
Seperti medan magnet, rasa cinta kita akan di sambut cinta dari mahluk lain, yang akan sama mencintai kita.

Cinta adalah tumbuhnya rasa kasih sayang, pada diri seseorang, untuk semua mahluk ciptaanNya.

Maka memiliki cinta, berarti memiliki rasa kasih, rasa sayang, yang tumbuh tulus dalam hatinya, sehingga semua amal perbuatannya dilandasi naungan semangat cintanya Allah, pada mahluknya, yang disusupkan pada hati hamba-hamba yang membangun dan mempraktekkan pola cinta tersebut.

Hanya manusia dengan kepekaan, yang memiliki tautan kedekatan denganNya, yang mampu menangkap sinyal cinta dari yang di atas, sehingga rasa cinta, mengalir dalam setiap helaan dan tarikan nafasnya.

Cinta sejati hanya dimiliki oleh mahluk yang beriman, dan mau beramal saleh, karena pada mereka yang beriman, terbangunnya rasa cinta, tumbuh dari ketulusan, kesadaran yang dalam, tampa tendensi apa-apa, semua atas dasar iman.

Dalam Qu’ran, Surat Maryam ayat 96

Baca Juga :  KHUTBAH JUMAT: Alquran Penenang Hati Gelisah dan Sedih

نَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمٰنُ وُدًّا

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.”

Mencintai sesama manusia, sebagai sesama mahluk tuhan, merupakan kewajiban yang diamanahkan tuhan kepada kita para manusia, khususnya muslim yang taat.

Sehingga untuk orang yang memiliki cinta, atau terjaga rasa cintanya pada Allah, ia akan menjauhi kejahatan, kezaliman, yang sangat bertentangan dengan hati sanubarinya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk berlaku zalim, merendahkan, dan menghina orang lain terlebih lagi adalah dari seorang kepada muslim lainnya.

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يَخْذُلُهُ وَلَا يَحْقِرُهُ التَّقْوَى هَاهُنَا وَيُشِيرُ إِلَى صَدْرِهِ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ بِحَسْبِ امْرِئٍ مِنْ الشَّرِّ أَنْ يَحْقِرَ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ كُلُّ الْمُسْلِمِ عَلَى الْمُسْلِمِ حَرَامٌ دَمُهُ وَمَالُهُ وَعِرْضُهُ

“Muslim yang satu dengan muslim yang lainnya adalah bersaudara tidak boleh menyakiti, merendahkan, ataupun menghina. Takwa itu ada di sini (Rasulullah menunjuk dadanya), Beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali. Seseorang telah dianggap berbuat jahat apabila ia menghina saudaranya sesama muslim. Muslim yang satu dengan yang Iainnya haram darahnya. hartanya, dan kehormatannya.” (HR. Muslim)

Sehingga secara normatif Islam itu merupakan agamanya cinta, agama kasih sayang, dan sangat menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
Sesama muslim harus saling mencintai.

Sesama manusia harus saling menjaga kemanusiaannya.
Dan setiap manusia harus membangun pondasi cintanya, pada sang pencipta…sehingga ketika ia mencintai penciptanya, maka ia akan mencintai semua mahluk ciptaanNya.

”Dia yang bukan saudaramu dalam iman, adalah saudara dalam kemanusiaan.”

Itulah kalimat yang diucapkan Khalifah Ali bin Abi Thalib, yang mengingatkan kita untuk menjaga kerukunan, dan membangun cinta pada sesama.***

Baca Juga :  Azis Syamsuddin Akui Beri Uang Rp 200 Juta ke Mantan Penyidik KPK Robin Pattuju

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Aplikasi Rekrutmen Digital KUPU, Dapatkan Investasi $5 Juta dari Smartfren untuk Perluas Operasional

Sen Agu 15 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Dalligent Solutions Pte. Ltd. (DSPL), perusahaan pengembang aplikasi rekrutmen digital populer KUPU, mendapatkan pendanaan berupa investasi sebesar $5 juta dari PT Smartfren Telecom Tbk (IDX: FREN). Investasi tersebut berbentuk penyertaan saham sebesar 10% dari ekuitas saham DSPL. KUPU: aplikasi rekrutmen digital berbasis kecerdasan buatan yang […]