REFLEKSI | Memenangkan Cobaan

Silahkan bagikan

Oleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn.

SETELAH Allah coba kita dengan cobaannya, kita selalu tersucikan, dan bangkit menjadi pribadi handal, unggul dan lebih bijak…seusai ujian itu bisa kita lewati.

Tak sadar kita, bahwa ujian dari Allah itu, merupakan salah satu cara, bimbingan dariNya, yang berupa pengalaman nyata, agar kita lebih membuka mata, membuka batin, dengan menguatkan hati, bahwa ikhlas menerima keadaan saat Allah uji, adalah pembelajaran terbaik yang paling berkualitas, juga paling sempurna.

Lantas apa kita bisa menghindarinya?
Semua manusia diuji!
Tidak ada yang luput.
Bahkan Nabi pun, Allah uji berkali kali, tidak hanya satu dua kali cobaan dalam bentuk ujian itu di datangkan Allah padanya….
Tapi nabi Allah uji, ia seumur hidupnya, selama perjalanan kenabiannya saat di dunia.

Hingga selalu saja keutamaan-keutamaan bisa kita saksikan menyertai beliau, pada perannya sebagai seorang penyeru umat yang berhasil, dan itu, hasil dari didikan, gemblengan Allah, dengan sebelumnya, Allah coba terus dengan mengujinya ratusan bahkan ribuan kali….
Subhanallah ❤️❤️

Apa yang kita tahu dari Allah menguji Nabi?
Nabi di uji Allah dari awal ia berada di kandungan, sampai ia diwafatkan.
Seumur hidup Nabi ada diuji Allah.

Ingat Yahudi buta yang selalu mencaci maki nabi, namun dengan telaten setiap hari nabi suapi si Yahudi itu.
Hingga ia sadar, ada Umar yang mengantikan nabi menyuapinya si Yahudi buta, dan si Yahudi merasa beda atas orang yang menyuapi dia, sampai akhirnya bertanya, siapa ini, dan siapa sebelumnya yang menyuapi dia setiap hari.
Subhanallah.

Tak semata mata Allah uji diri kita, jika tak ada kebermanfaatan yang akhirnya muncul, ujian dari-Nya adalah untuk menyempurnakan kwalitas diri kita, baik sisi keyakinan, mentalitas, dan daya tahan, agar kita pada akhirnya bermental baja, tahan banting, dan tidak cengeng.

Baca Juga :  KPK Tangkap Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah

Sungguh Allah maha pengajar.
Ia simpan satu cara, dalam mengajari kita, agar kita terus disempurnakan sisi kamanusiannya, sisi kemuliaannya, dan itu dengan cara kita di uji oleh Nya, berkali kali… Subhanallah.

Ketika kita diuji syukuri itu.
Saat Allah turunkan pengajaran dalam bentuk ujianNya itu,…maka kamu wajib menyimak apa saja pembelajarannya.
Diantara ujian Allah yang seringkali kita kenali adalah :
Ujian pada manusia utama….
Ini ujian Allah yang paling berkualitas, yang kita paling rasakan, dan seringkali memukul kita menyentak kita, dan itu adalah ujian dalam keperihan, kekurangan, kesakitan, kemiskinan,

Dan ujian Allah yang paling tak terasa, adalah saat kita diberi jabatan, kekayaan, ilmu dan pemahaman.

Lalu bagaimana kita menghadapi ujian itu ?
Ya harus kau menangkan !!
Bagaimana caranya ?

Ikuti setiap alur permainan dari skenario Allah dalam menguji kita.
Caranya, bersabar, bertawakal, ikhlas, perbanyak syukur.

Pada sisi memperbanyak syukur padaNya, padahal kita diuji !!

Itulah satu poin kelebihan kita, yang Allah inginkan….dan Insyaallah, dengan bekal syukur nikmat dalam ujian Allah, Allah bentuk diri kita jadi lebih mulia dan lebih utama….

Alhamdulillah.***

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Kapal Meledak di Cilacap Lalu Terbakar, Tak Berdampak ke Pertamina

Rab Mei 4 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | CILACAP – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit IV Cilacap mengatakan kebakaran kapal di Dermaga Batere, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, tak berpengaruh ke aktivitas perusahaan. Area Manager Communication, Relations, and CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna membeberkan bahwa distribusi bahan bakar Pertamina tak terpengaruh […]