REFLEKSI | Mengaktifkan Akal Sehat

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

BERAGAMA itu bukan hanya membaca Alquran, shalawat, zikir membaca tahmid, tasbih dan tahlil, atau shalat tanpa akal. Sebab tanpa akal yang sehat maka agama tak jadi penyelamat bagi kehidupan di dunia dan atau akherat. Itulah kemudian ada hadis yang berbunyi “Agama adalah akal.”

Sumber hukum petunjuk agama Islam  adalah Al Qur’an dan Hadis, tapi alat untuk beragama adalah akal. Tanpa akal maka Al Quran dan hadis tak bermanfaat, bahkan hukum- hukum dalam al Quran  tak berlaku bagi mereka yang tak berakal, seperti  hukum perintah shalat,  tak berlaku bagi orang yang tak berakal.

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana diriwayatkan at-Tirmidzi, “Tidak ada makhluk yang diciptakan Allah yang lebih mulia daripada akal.” Di kesempatan lain Nabi SAW berpesan, “Apabila manusia mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan berbagai macam kebaikan, maka hendaknya engkau mendekatkan dirimu kepada-Nya dengan akalmu.”

Akal sehat dapat menjadi alat untuk beragama dengan baik dan benar.Dengan akal  sehat seseorang bisa membedakan antara yang baik dan buruk, bahaya dan tidak, untung dan rugi. Oleh karena itu, saya kutif kalimat dari Rocky Gerung, “Mengaktifkan akal sehat,” sangat perlu bagi setiap sisi kehidupan.

Wallahu’alam.***

Baca Juga :  Huawei Mobile Services Meluncurkan Sederet Inovasi di MWC 2022 untuk Meningkatkan Pengalaman Konsumen dan Menghadirkan Peluang Baru bagi Mitra Bisnis

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

BPJS Ketenagakerjaan Memberikan Perlindungan Sosial bagi Masyarakat Pekerja Rentan

Sel Des 19 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SOREANG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bandung membantah telah mengeluarkan aturan ‘pemotongan’ dana operasional desa sebesar 1 persen untuk membayar BPJS Ketenagakerjaan masyarakat rentan di desa masing-masing. Kepala DPMD Kabupaten Bandung, Tata Irawan menyebut kebijakan pengalokasian untuk membayar premi BPJS Ketenagakerjaan masyarakat/pekerja rentan yang […]