REFLEKSI | Mutiara Berharga

Editor Pemerhati Sosial dan Keagamaan yang juga Mantan Pengurus KNPI Kabupaten Bandung H.Idat Mustari./visi.news/Istimewa.
Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

SEORANG tokoh sufi yang termansyur yakni Maulana Jalaluddin Rumi atau sering pula disebut dengan nama Rumi berkata “ Kalau manusia dilihat kualitasnya fisiknya, maka Muhammad SAW dan Abu Jahal memiliki kualitas yang sama. lukisan di atas dinding pun persis seperti manusia. lihatlah, apa yang kurang? Lukisan indah itu kehilangan ruh-nya. pergilah, carilah mutiara yang berharga.”

Rumi menjelaskan kepada kita bahwa kualitas manusia bukan terletak pada jasmaniah (material) tapi pada ruhaniah (spiritual). Oleh sebab itu pula Allah Yang Maha Rahman-Rohim memberikan kesempatan pada setiap orang yang beriman untuk mengupgrade ruhaniahnya, merefresh spiritualnya selama satu bulan penuh di bulan Ramadan.

Allah SWT memerintahkan umat Islam berpuasa di bulan suci Ramadan, tujuan akhirnya adalah agar kalian semua bertakwa.” Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,” (QS. Al-Baqarah : 183)

Takwa adalah hal yang bersifat spiritual. Puasa menahan lapar minum itu adalah peristiwa material, tetapi menjadi peristiwa spiritual manakala hakikat puasa terimplementasikan dalam jiwanya. Jika saja hanya sekedar makan dan minum maka yang didapat hanyalah lapar dan haus saja seperti sabda Rasulullah saw.“kam min shoimin Laisa lahu min shiyamihi illal ju’ wal’atos .” (Banyak mereka yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa kecuali lapar dan haus).

Sebaliknya bagi siapa saja yang mampu berpuasa karena iman dan hanya mengharap Ridha Allah maka Allah mengampuni segala dosa di masa lalunya. Dan siapa saja yang memperoleh ampunan dari Allah itulah kenikmatan yang paling hakiki. Itulah anugerah yang paling berharga dan tentu saja itu hanya diberikan pada mereka yang mampu menemukan mutiara yang paling berharga yakni Takwa.

Baca Juga :  Hampir 100 Persen Siswa KP Baleendah Telah Mengikuti Vaksinasi yang ke-2

Selamat menjalankan ibadah Shaum di Ramadan 1443 H semoga kita menemukan mutiara berharga itu.
Aamiin.***

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

80 Tempat Salat Disiapkan di Masjidil Haram Mekah

Sel Apr 5 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | MEKAH – Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjidil Haram telah menyiapkan 80 tempat untuk menampung jemaah selama Ramadan. Beberapa pintu menuju ekspansi ketiga Saudi di Masjidil Haram telah terbuka di area ini untuk memungkinkan kelancaran masuk dan keluar dari kerumunan besar jamaah selama bulan suci. Pintu-pintu tersebut adalah […]