REFLEKSI | Nasihat Lukman pada Anaknya

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

“DAN janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sungguh Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS Luqman: 18)

Itulah nasihat Lukman pada anaknya agar tidak memalingkan muka karena sombong dan angkuh.

Orang bisa sombong karena tiga hal, karena harta, ilmu dan kedudukan.

Orang sombong itu adalah orang yang naik ke puncak gunung hingga melihat orang lain kecil, padahal ia tidak sadar bahwa dirinya kecil dalam pandangan orang lain.

Orang sombong itu adalah orang yang tak beradab meskipun ia berilmu.  Oleh karena itu menghargai orang beradab jauh lebih baik daripada menghargai orang berilmu, sebab iblis lebih berilmu dari manusia

Lantas, apakah seseorang yang tidak menjawab WhatsApp dari orang lain, termasuk dari memalingkan muka karena sombong ?

Bisa Iyah, bisa tidak !

Tidak dianggap sombong jika tidak menjawab WhatsApp dari orang lain karena saking sibuknya jadi  lupa, sakit seperti stroke hingga tak bisa menggerakan jemarinya, atau habis kuotanya dan atau isi WhatsAppnya tidak membutuhkan jawaban dan atau alasan-alasan lainnya yang dibenarkan.

Dianggap sombong jika tidak menjawab WhatsApp karena menganggap orang yang menghubunginya memiliki derajat yang lebih rendah dibandingkan dirinya. Tentu saja hanya dirinya dan Allah  yang tahu sombong atau tidaknya, bukan orang lain.

Jika kita menghubungi seseorang via WhatsApp tak perlu kecewa apalagi menyalahkannya, sebab yang salah adalah kita. Salah karena terlalu berharap pada orang lain.

Sebenarnya siapapun boleh dan punya hak untuk tidak menjawab WhatsApp orang lain, asal bukan karena kesombongan dan keangkuhan diri.

Pokoknya  jangan  sombong dan angkuh   pada orang lain karena merasa diri lebih kuat, lebih hebat, lebih punya kedudukan hingga menganggap  kecil orang lain,   sebab satu saat  orang  yang dianggap kecil itu bisa  berharap kepada Tuhan agar orang yang sombong itu jatuh.***

Baca Juga :  Pembuat Kartun Nabi Muhammad Asal Swedia Tewas Kecelakan Lalu Lintas

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ketua Komisi VIII Sebut Jemaah Haji Usia 65 Tahun ke atas Prioritas Haji 2023

Sel Agu 2 , 2022
Silahkan bagikan Baca Juga :  Tren Baru, Peretasan Situs Pemerintah untuk Judi Online