REFLEKSI | Pintu Surga

Silahkan bagikan

Oleh Bambang Melga Suprayogi, M.Sn.

NABI kita, Muhammad SAW, selalu memiliki perhatian pada hal yang kecil-kecil, dalam amalan kehidupan manusia yang bisa diperbuat oleh kita.

Menyingkirkan ranting, atau batu dari jalanan, agar tidak membahayakan orang.

Membangun silaturahmi, menyayangi anak yatim, memperhatikan tetangga yang berkekurangan, sampai pada menolong binatang, dengan memberikan perhatian dan kasih sayang padanya, itu adalah amalan kecil yang berdampak besar untuk turunnya rahmat Allah kepada ita.

Kita bisa melihat keutamaan pada agama ini, ketika hal yang kecil manjadi detail yang tak luput dari perhatian Allah, yang harus kita taati, seperti apa yang nabi seringkali sampaikan.

Seperti, kebersihan sebagian daripada iman, amalan terkecil adalah dengan memberi senyuman, bila memberi tak boleh berharap lebih, tangan kanan memberi, tangan kiri tak boleh tahu, berbicara dengan lemah lembut, menguatkan semangat anak yatim, dengan memberi usapan belaian di rambutnya, sebagai tanda simpati dan sayang…

Tak boleh membantah orang tua, apalagi sampai berkata,”Ahh!” Itu tidak boleh!!

Sungguh semua hal diatas tadi itu adalah hal kecil yang bisa membangun karakter-karakter baik kita.

Peduli, datangnya simpati, dan empati, itu bagian dari terbangunnya rasa cinta kita, yang datang dari kedalaman hati yang paling dasar.

Semua itu, sebagai tanda, kita adalah manusia yang berbeda, yang mewarisi adanya sifat rahman, rohimNya Allah, dan kita adalah refleksi dari keberadaan Allah tersebut, dalam wujud manusia yang baik budi dan pekertinya.

Ikatan rasa dan amal yang terpuji, yang kita miliki, dan terbangun dari kesadaran jiwa kita itu, adalah jembatan bagi terbangunnya, jiwa yang besar, jiwa yang suci, jiwa yang memantulkan sifat-sifat keutamaan dari Dia yang maha besar, sebagai cermin untuk kita, bahwa kita adalah sosok yang bisa di andalkanNya.

Baca Juga :  PLN Rampungkan Proyek Tegangan Ekstra Tinggi Senilai Rp 262 Miliar di Bandung Selatan

Dan bisa mendapat kepercayaan dariNya, untuk mendapat Keberkahan hidup, yang tiap-tiap keberkahan amalan yang kita jalankan itu, mampu pembuka pintu-pintu Surga, dari pintu mana saja sesuai amalan kecil yang kita jalankan… subhanallah !!

Yaa, pintu Surga itu sangat banyak jumlahnya!

Saking sangat banyaknya, kita bisa datangi, dari amalan kecil yang kita lakukan!

Dengan amalan kecil, kita bisa mencapai surga, Allah sangat maha besar, Dia siapkan surga bagi kita, hanya dari kita melakukan amalan kecil yang kita jalankan.. Alhamdulillah.

Betapa Surga itu mudah kita gapai.
Betapa Allah obral surgaNya bagi kita, hanya dengan kita berbuat baik, dari mengerjakan amalan yang kecil.

Ya…banyak lagi, keutamaan hal yang bisa kita dalami dari rahasia dibalik hal yang kecil ini.
Sungguh Allah tak membuat setiap amalan kecil itu tak sia sia, ia amalan kecil itu, ladang penghimpun tabungan amalan kita untuk menjadi besar.

Amalan kecil itu…….
Ia mudah di lakukan.
Ia gampang diperbuat.
Tak sulit di laksanakan.
Apa saja bisa jadi, ladang amalan kita.

Apapun yang kita lakukan, dan dampaknya, orang lain bahagia atas apa yang kita perbuat, sudah pasti itu bernilai ibadah dan kebaikan, dengan imbalan yang Allah berikan adalah surga.

Maka perbanyaklah amalan baik, walau itu kecil menurut kita, namun di mata Allah itu sangat besar dan mulia…. subhanallah.
Alhamdulillah.

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

XCMG RP2405, Alat "Cement-Stabilized Macadam Paver" Terbesar di Dunia

Kam Mar 31 , 2022
Silahkan bagikan PR Newswire Press Release from PR Newswire Related Keywords: Construction/Building | Auto | Transportation/Trucking/Railroad Mampu meratakan aspal semen di jalan selebar 20 meter. VISI.NEWS |GUANGYUAN – RP2405, alat paver terbesar di dunia yang dikembangkan XCMG (SHE:000425), telah merampungkan paving molding sebanyak satu kali pada lebar jalan 20 meter. […]