REFLEKSI | Ramadan, Tebarkan Cinta

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

JIKA menggunakan akal bersumbu pendek, tidak salah orang yang bekerja keras mengumpulkan harta kemudian tidak sudi memberikan infaq, shadaqah untuk orang lain.Tidak salah orang yang kurang tidur belajar hingga hapal puluhan—ratusan buku, untuk tidak berbagi ilmu kepada orang lain.

Mereka itu tidak  paham, bahwa bershadaqah, berinfak, memberi ilmu kepada orang lain adalah kebajikkan yang akan menurunkan ampunan baginya, yang membuat semut-semut yang ada di liangnya, ikan-ikan yang ada di air memohonkan ampunan baginya.

Harta yang dikumpulkannya hanya bermanfaat setelah ia infakkan. Ilmu hanya bermanfaat setelah ia mengajarkannya. Seseorang hanya bisa disebut manusia sebaik-baiknya, setelah ia mencurahkan potensi dirinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Aku dan kamu  tak tahu berapa lama lagi  akan hidup, tetapi selagi hidup semoga Allah memberi kemampuan bisa menghibur orang yang sedang membutuhkan senyuman dan anggukan. Yang membutuhkan kata-kata baik dan perbuatan terpuji. Yang  meringankan beban kesedihan, kegalauan orang lain, baik dekat maupun jauh. Bisa menghibur hati yang lelah atau lesu. Bisa mengubah kerut di kening menjadi tawa riang nan bening.

Rasa-rasanya aku dan kamu tak perlu risau akan berapa lama lagi  hidup di sini, asal bisa memberi, meskipun dengan segelas air putih, secangkir kopi, ataupun sebaris kalimat penggugah jiwa yang sedang rapuh. Semoga dengan demikian hidup ini tak sia-sia.

Ramadhan tiba, maka tebarkanlah cinta.Tak perlu  benci pada orang yang telah membuat luka hati.

“Ya Allah, berilah kesadaran pada diriku untuk bertobat, serta berikan kemampuan padaku untuk berbuat kebaikan meskipun kecil, tak berarti dalam pandangan manusia, tapi mulia dalam Pandangan-Mu.

Ya Allah  Berikanlah kepadaku kesabaran dalam menjalani segala hal yang tak ku inginkan, serta kemampuan bersyukur, agar aku tidak mengkufuri setiap nikmat.”

Baca Juga :  Security Parking di SOR Si Jalak Harupat Bakal Dioperasionalkan, Ini Tujuannya

Semoga bait doa ini bermanfaat bagi aku dan kamu.

Selamat menyambut bulan suci ramadhan 1444 H mohon maaf lahir batin semoga Allah memberikan umur yang panjang nan berkah, kesehatan dan keluasan rezeki.

Aamiin… 

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Semarak Djiwa Tangguh, Semarak Pesta Rakyat Dukung Kearifan Lokal

Kam Mar 23 , 2023
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Indonesia merupakan negara dengan beragam kekayaan suku dan kebudayaan. Warisan leluhur yang menjunjung tinggi kearifan lokal, budaya, dan tradisi selayaknya harus tetap dilestarikan. Djiwa Tangguh, yang hadir sejak tahun 2017 ditengah keberagaman, senantiasa berkolaborasi dengan ragam komunitas melalui berbagai kegiatan dalam mewujudkan misinya membangun kemajuan […]