REFLELSI | Sakit

Silahkan bagikan

Oleh Idat Mustari

BANYAK buku tentang seputar sakit ditulis oleh para ulama sebagai bacaan agar setiap orang bisa mengambil hikmah dari peristiwa sakit yang bakal dialamin. Namun satu hal yang pasti bahwa sakit itu tidaklah enak.

Sehat itu nikmat, maka pantas ada hadis yang menjelaskan jaga sehat sebelum datang sakit. Hanya dengan tubuh sehat shalat bisa dilakukan dengan sempurna dan berjamaah. Maka bagi siapapun yang sehat jangan lupa shalat dan sebisa mungkin kalau lagi di rumah berjamaah, di masjid, tempat kita tinggal.

Sakit cara Allah mengingatkan bahwa  kita bukan pemilik tubuh. Cara Allah Agar kita sadar bahwa kita tak berkuasa atas diri kita sendiri. Sakit bukan kita yang inginkan tapi ia datang tanpa kendali.

Sakit cara Allah membawa hamba-Nya ke alam di antara  dunia yang akan ditinggalkan dan akhirat yang akan dijemputnya. Kita berlindung dari sakit yang jadi jalan kematian suul khatimah, tapi kita berharap pada Allah, jika pun harus sakit tapi jadi jalan pada kematian husnul khatimah.

Sakit adalah cara Allah menjentikkan harapan kita pada Allah yang mungkin sudah mulai lemah sebab Allah sesuai dengan sangkaan hamba-Nya.
Allah ingin  para hamba-Nya tahu bahwa Dia adalah Maha Penyembuh. Allah ingin para Hamba-Nya merintih seperti Ayub as.

وَأَيُّوبَ إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُۥٓ أَنِّى مَسَّنِىَ ٱلضُّرُّ وَأَنتَ أَرْحَمُ ٱلرَّٰحِمِينَ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: “(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”.(QS, al-anbiya : 83).

Semoga siapa saja yang hari ini sedang sakit, Allah beri kesembuhan dengan kesembuhan sempurna.***

Baca Juga :  Hasil Piala Eropa 2020 Semalam: Swedia Menang, Kroasia dan Inggris Tertahan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Presiden Jokowi Main Bola di Sleman, Sambut Laga Timnas Indonesia vs Australia

Ming Jan 28 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SLEMAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan waktu luangnya dengan bermain bola bersama remaja setempat di Lapangan Gamplong, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (28/1/2024). Kegiatan ini dilakukan jelang pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Australia di Piala Asia 2023 nanti malam. Dalam unggahan di akun twitternya, […]