Rembug Bedas di Desa Pangauban, Bupati Bandung Salurkan Sejumlah Bantuan

Silahkan bagikan

VISI.NEWS | KATAPANG – Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung kembali melaksanakan kegiatan rutin Rembug Bedas ke-92 di Komplek Pergudangan Katapang Indah Lestari Desa . Pangauban Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Jumat (15/3/2024).

Seperti biasa, Bupati Bandung Dadang Supriatna bersama Bunda Bedas Emma Dety Dadang Supriatna dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Bandung hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka menjalin silaturahmi melalui kegiatan Rembug Bedas tersebut

Pada kegiatan Rembug Bedas itu, pemerintahan setempat menghadirkan sejumlah warga sebagai penerima manfaat bantuan sekaligus penerima manfaat program Bupati Bandung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna secara simbolis menyerahkan bantuan cadangan beras pemerintah kepada warga setempat. Bantuan itu yang dikelola Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung.

Bupati Bandung juga turut menyerahkan wakaf buku kepada Bunda Literasi Desa. Wakaf buku itu yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bandung. Selain itu, penyerahan NIB (Nomor Induk Berusaha) kepada warga atau pelaku usaha, setelah NIB itu dikeluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabuoaten Bandung.

Selain itu, Dadang Supriatna menyerahkan bantuan stimulan perbaikan rumah tidak layak huni kepada warga penerima manfaat bantuan tersebut. Bantuan itu dikelola Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bandung, dan penyerahan pinjaman dana bergulir tanpa bunga dan tanpa jaminan kepada warga dari BPR Kerta Raharja, selain penyerahan fasilitas halal.

Dadang yang sudah 2 tahun 10 bulan jadi Bupati Bandung berusaha untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bandung.

“Kegiatan Rembug Bedas ini dilaksanakan supaya bisa tahu dan mengetahui secara langsung kondisi masyarakat,” kata Bupati Dadang.

Dadang selaku Bupati Bandung yang berasal dari mantan kepala desa mengaku tahu persis apa yang menjadi kebutuhan masyarakat desa.

Baca Juga :  Ormas Tanda Tangani Kesepakatan Jaga Kota Bandung Tetap Kondusif

Ia pun mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa jabatan Bupati Bandung yang saat ini diemban tidak sampai 5 tahun menjabat, yaitu diperkirakan selama 3,5 tahun.

“Karena 27 November 2024 sudah mulai ada pelaksanaan Pilkada,” kata Bupati Bandung yang dilantik pada 26 April 2021 lalu.

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna mengungkapkan bahwa para Ketua RT dan RW adalah garda terdepan untuk meningkatkan pembangunan di desa masing-masing.

Bupati Bedas ini pun telah memberikan insentif kepada Ketua RT, RW, Linmas, Perangkat Desa, LPMD, BPD, Kader PKK. Selain itu insentif untuk guru ngaji dengan anggaran ratusan miliar rupiah setiap tahunnya.

Bupati pun memberikan edukasi kepada masyarakat terkait sisa makanan organik bisa dimasukkan ke lubang cerdas organik (LCO) untuk mengurangi sampah yang bersumber dari rumah tangga.

“Setelah dimasukkan ke LCO, sampah organik itu bisa menjadi pupuk untuk tanaman,” katanya.

Menurutnya, jika urusan sampah sudah selesai di tingkat rumah, Kabupaten Bandung kedepan tidak perlu lagi TPA.

“Sampah yang dihasilkan di Kabupaten Bandung itu sebanyak 1.282 ton per hari, dihitung dari jumlah penduduk Kabupaten Bandung mencapai 3,7 juta jiwa,” katanya.

Sampah yang dihasilkan itu saat ini dikelola melalui bank sampah, TPS3R (Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle) dan pengelolaan sampah lainnya, sehingga sampah yang dihasilkan dan kemudian dibuang ke TPA terus berkurang.

@kos

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ingin Tawuran 10 Remaja Diamankan Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Sab Mar 16 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | SURABAYA – Patroli rutin yang ditingkatkan selama bulan Ramadan 1445 Hijriah oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak menyasar berbagai potensi gangguan kamtibmas. Unit Raimas Sat Samapta Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengamankan 10 remaja yang diduga hendak tawuran di Jalan Bulaksari, Surabaya. Polisi menyita sebilah senjata tajam (sajam). Kegiatan […]