Rencana Pindah Ibukota Jabar Dari Bandung, Dudy : Ada 3 Wilayah Calon Ibukota Yang Diinginkan Gubernur Jabar

Editor Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat (Jabar) Haji Dudy Pamuji./visi.news/eko aripyanto.
Silahkan bagikan

VISI.NEWS |BANDUNG – Anggota DPRD Jawa Barat (Jabar) Haji Dudy Pamuji menyebutkan bahwa Pemprov Jabar saat ini tengah berencana untuk memindahkan Ibukota Jabar dari Bandung ke wilayah lain.

Tersiar kabar, Gubernur Jabar Ridwan Kamil atau biasa dikenal dengan nama sebutan Kang Emil, diketahui sudah menyiapkan sejumlah wilayah yang salah satu diantaranya bakal dijadikan Ibukota Jabar.

“Rencana pemindahan Ibukota Jabar terus mencuat, bahkan dari Kang Emil langsung, dikabarkan ada tiga wilayah yang disebut bakal menjadi Ibukota Jabar yang baru,” katanya.

Salah satu wilayah yang direncanakan akan menjadi calin ibukota itu yakni Tegalluar, wilayah ini, lanjut Dudy, merupakan suatu desa yang berada di Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung.

“Tegalluar sendiri menjadi salah satu stasiun pemberhentian Kereta Cepat Jakarta-Bandung, wilayah ini ada diluar kota, ini akan jadi satu option Pak Gubernur Jabar,” ujarnya.

Kemudian Walini, wilayah ini merupakan wilayah perkebunan teh dan terletak di antara Desa Mandalasri dan Desa Kanangsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung.

“Meski gagal memiliki stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, namun wilayah Walini memiliki daya tarik sendiri untuk para investor, terutama membuat stasiun agar terkoneksi kereta cepat,” ungkapnya.

Lalu Kertajati atau Rebana Kertajati, merupakan kawasan metropolitan baru berupa Segitiga Rebana yang meliputi Cirebon, Patimban (Subang) dan Kertajati (Majalengka), wilayah ini juga sangat berpotensi untuk dipilih sebagai calon Ibukota Jabar pilihan Ridwan Kamil.

“Penelitian Bappeda Jabar, penduduk di kawasan Rebana Metropolitan berjumlah 9,28 juta atau sekitar 18,82 persen dari total 49,3 juta jiwa penduduk Jabar per 2019, wilayah ini sebagai jantung pertumbuhan,” sambungnya.

Sebagai jantung pertumbuhan, dijelaskan Dudy, di wilayah ini terdapat Pelabuhan Patimban yang terletak di Kabupaten Subang dan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

Baca Juga :  Kisruh Pasar Banjaran, Ini Solusi Bijak dari Bupati Dadang Supriatna

“Berfungsi sebagai pusat konektivitas dan logistik, Rebana Metropolitan diproyeksikan sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi Jabar di masa depan melalui industri yang terintegrasi, inovatif, kolaboratif, berdaya saing tinggi, serta berkelanjutan,” pungkasnya. @eko

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Antisipasi KDRT, Ini Nasihat Wasekjen MUI

Jum Okt 7 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | JAKARTA – Wasekjen MUI, Dr. Badriyah Fayumi memberikan tujuh pesan untuk mengantisipasi keluarga dari KDRT. Pertama, kata Badriyah, selalu mengingat Allah SWT bahwa menyakiti, melukai, dan menzalimi makluk-Nya adalah haram. Apalagi, jika makluk-Nya tersebut merupakan amanah dari Allah SWT. “Untuk dilindungi, dihormati, dan disayangi, telah berbuat baik, […]