Resmikan Layanan Rujukan Prioritas RSUD Al-Ihsan, Menkes Berharap Bisa Jadi Contoh Bagi 27 RS Lainnya

Editor Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi, saat wawancara dengan awak media usai peresmian layanan rujukan RSUD Al-Ihsan. /visi.news/gustav viktorizal
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BALEENDAH – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi melaksanakan Peresmian layanan rujukan prioritas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al-Ihsan Provinsi Jawabarat, Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. pada Jumat (16/02/2024).

Menkes Budi juga didampingi Pj. Gubernur Jabar Bey Machmudin, Kadinkes Jabar Vini Andiani Dewi, Direktur RSUD Al-Ihsan Dewi Basmala dan Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Dalam sambutannya, Menkes Budi menyebutkan bahwa ada beberapa kasus penyakit yang paling berbahaya hingga beresiko tinggi. Diantaranya penyakit jantung, cancer, stroke, dan gagal ginjal.

Budi mengapresiasi RS Al-Ihsan, karena yang sering menerima rujukan dari RS lainnya terutama yang ada di Jawa Barat soal menangani pasien-pasien dengan penyakit tersebut.

“Kini Al-Ihsan memiliki Instalasi Jantung dan pembuluh darah atau unit cathlab, semoga bisa menjadi contoh bagi para dokter di 27 RS yang ada di Jawa Barat. Nah, Tugasnya kita dan teman-teman di Al-Ihsan tolong bantu edukasi juga ya, jadi kalau ada pasien yang sudah kepepet urgent bisa dirujuk, tapi kalau bisa ditanganinya memungkinkan sampai beres di Puskesmas atau di RSUD Kabupaten/Kota, jangan dirujuk-rujuk ke sini kan kasihan kalau pasiennya jauh harus dirujuk ke Al-Ihsan,” katanya.

Sementara itu, Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin mengatakan dengan peresmian ini, RSUD Al-Ihsan ditetapkan sebagai rumah sakit strata utama dalam pelaksanaan layanan kanker, jantung, stroke, dan uro-nefrologi.

“Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari dukungan Kementerian Kesehatan, Pemda Provinsi Jabar, dan kolaborasi sektor lainnya,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSUD Dewi Basmala, mengatakan bahwa, peresmian tersebut merupakan momentum yang penting. Menurutnya, kasus bedah jantung terbuka menjadi yang terbanyak di Jabar.

“Meskipun peresmian baru hari ini dilaksanakan, kami telah melakukan tindakan-tindakan untuk bedah jantung terbuka, penanganan penyakit ginjal, stroke, cancer,” kata Dewi.

Baca Juga :  Pembagian BLT Kemensos di Rancaekek Picu Kerumunan, Danramil Turun Tangan

“Kami berharap dengan fasilitas yang sudah ada disini ditambah yang baru dapat meningkatkan pelayanan kualitas kesehatan kepada warga masyarakat,” pungkasnya. @gvr

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Cuaca Bandung Hari Ini: Hujan Sedang hingga Lebat

Sab Feb 17 , 2024
Silahkan bagikanVISI.NEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Bandung Raya akan mengalami hujan sedang hingga lebat pada hari ini, Sabtu, 17 Februari 2024. Suhu udara berkisar antara 18 hingga 31 derajat Celsius dengan tingkat kelembapan mencapai 60-98 persen. Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 […]