Reynaldi : Peningkatan SDM, Penyediaan Lapangan Kerja Di Desa Kunci Mengurangi Urbanisasi

Editor Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat (Jabar) Reynaldi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISINEWS |BANDUNG – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar) Reynaldi menekankan bahwa peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan penyediaan lapangan kerja serta usaha di desa menjadi kunci utama dalam mengurangi urbanisasi.

Tidak hanya itu, peningkatan SDM dan penyediaan lapangan kerja di desa tersebut diyakini dapat meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Oleh karena itu, saya mendorong pemerintah dari tingkat pusat, provinsi dan daerah, untuk mengutamakan pembangunan SDM di desa karena dianggap kunci kesejahteraan dan mengurangi urbanisasi,” katanya.

Dihubungi VISINEWS Sabtu (19/3/22), Anggota Komisi I ini mengungkapkan, pembangunan infrastruktur dan berbagai program peningkatan SDM di desa, dinilai hal yang tidak kalah penting untuk terus menjadi perhatian pemerintah.

“Pentingnya peningkatan kualitas SDM di desa ini harus dicermati dengan baik, pasalnya saat ini banyak warga desa yang bekerja atau bersekolah ke luar daerah akibat minimnya pembangunan dan peluangkerja di pedesaan,” ungkapnya.

Menurutnya, lanjut Reynaldi, paradigma tersebut seharusnya tidak kemudian terus terjadi atau dilakukan oleh warga desa, pasalnya jika terus dikembangkan disegala sektor atau aspek, maka berbagai potensi didesa akan menjadi solusi kesejahteraan warga desa.

“Dengan menggali potensi desa dan di suport berbagai program dari pemerintahan, maka warga desa tidak lagi harus keluar dari desanya, oleh karena itu pentingnya peningkatan SDM didesa,” ujarnya.

Dengan mendorong untuk kemudian menjadi desa wisata misalnya, hal ini diyakini dapat mendongkrak kesejahteraan warga desa, kemudian pentingnya pembinaan kewirausahaan dari pemerintah dianggap bagian yang tak kalah pentingnya.

“Menggali potensi dan mendongkrak SDM itu sangat vital untuk pembangunan desa, pemerintah harus turun tangan dengan cara merealisasikan berbagai program atau menciptakan usaha di desa sehingga bisa bekerja di desa,” pungkasnya. @eko.

Baca Juga :  Hasil Tes Swab Negatif, 6 Pasien Corona di Kab. Pangandaran Dipulangkan

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pertemuan Perdana G20 EdWG, Delegasi Sepakat Dukung Empat Agenda Prioritas Usungan Kemendikbudristek

Sab Mar 19 , 2022
Silahkan bagikanVISI.NEWS | YOGYAKARTA – Menutup rangkaian agenda pertemuan pertama Education Working Group (EdWG) G20 tahun 2022 yang dipimpin Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, Ketua G20 EdWG Iwan Syahril menyatakan bahwa Indonesia telah memperkuat ajakan kepada negara-negara G20, negara undangan khusus, organisasi internasional, serta […]