Reynaldy Apresiasi Kemendagri yang Mewajibkan Pasangan Siri Terdata dalam Kartu Keluarga

Editor Anggota Komisi 1 DPRD Jawa Barat Reynaldy Putra Andita Budi Raemi. /visi.news/eko aripyanto
Silahkan bagikan

VISI.NEWS | BANDUNG – Kabar baik bagi anda pasangan suami istri (Pasutri) yang menikah siri dan ingin memiliki Kartu Keluarga (KK) sebagai identitas resmi keluarga anda. Pasalnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan, semua warga negara wajib terdata dalam KK.

Menyikapi hal tersebut, Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Reynaldy Putra Andita Budi Raemi mengapresiasi Kemendagri yang telah mencatat pasangan nikah siri, untuk kemudian bisa tercatat secara resmi di dokumen negara dalam bentuk lembaran KK.

“Kebijakan Kemendagri ini sudah menjawab pertanyaan yang beredar di publik soal hak pasangan nikah siri untuk memiliki KK,” katanya.

Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), lanjut politisi Golkar tersebut, pasangan nikah siri khususnya di wilayah Jabar, bisa mendapatkan pelayanan pembuatan KK namun lembaran KK tersebut bersifat khusus.

“Jadi untuk pasangan nikah siri ini, dalam lembaran KK nya itu terdapat tanda khusus, contohnya tertulis nikah belum tercatat atau kawin belum tercatat,” ungkap Reynaldy kepada VISI.NEWS, Selasa (19/10/21).

Selain itu, salah seorang Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Jabar ini menjelaskan, pasangan nikah siri juga wajib melampirkan surat pernyataan tentang terjadinya pernikahan siri sebagai syarat khusus untuk memperoleh lembaran KK.

“Pasangan nikah siri wajib membawa Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak atau SPTJM yang terdapat adanya tandatangan dua orang saksi dalam SPTJM tersebut,” paparnya.

Sebagai informasi, di Negara Indonesia, perkawinan diatur oleh Undang – Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1974, dalam pasal 2 ayat 2 disebutkan perkawinan dicatat sesuai dengan perundang – undangan yang berlaku.

“Namun di Indonesia juga terdapat adanya budaya perkawinan tanpa dicatat oleh negara, namun sah menurut agama, dan ini yang dinamakan nikah siri atau nikah rahasia,” pungkasnya.@eko

Baca Juga :  Aturan Karantina Pemudik ke Kota Solo Dilonggarkan yang Negatif Bisa di Hotel

M Purnama Alam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Tingkatkan Motivasi dan Kompetensi, Disparbud Sikka Latih 20 Pemandu Wisata Selam

Sel Okt 19 , 2021
Silahkan bagikanVISI.NEWS | NTT – Demi meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi bagi para pemandu wisata selam, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) , menyelenggarakan pelatihan menyelam dengan level Advance, Rescue dan First Aid. Kegiatan tersebut berlangsung selama 4 hari, yang dimulai dari Senin (18/10) […]